Cara Mengajar Procedure Text Writing Skills

Cara mengajar Text Procedure untuk melatih kemampuan menulis (writing skills). Langkah mengajarnya adalah sebagai berikut:
  1. Warmer untuk membuat siswa tertarik mengikuti pelajaran. Misalnya quiz tebak nama makanan dengan guru menyebut inisialnya. Siswa menebak nama makanan tersebut. Bisa juga menyusun puzzle makanan.
  2. Tunjukkan gambar makanan dan siswa mengidentifikasi nama makanan tersebut. Kemudian mengidentifikasi bahan-bahan pembuatnya. Setelah itu mengidentifikasi langkah membuatnya. Semua kegiatan dilakukan berkelompok.
  3. Memperhatikan video cara membuat makanan. Cari via youtube dengan kata kunci "cara membuat makanan" misalnya, "Cara Membuat Omelet"
  4. Siswa mengidentifikasi bahan-bahan dan cara membuat makanan tersebut.
  5. Minta perwakilan kelompok untuk memperagakan cara tukang masak dalam video menjelaskan cara  membuat makanan tersebut.
  6. Mengidentifikasi kalimat perintah: Verb 1 + Objek. Tunjukkan pada siswa kalimat perintah yang digunakan dalam video. Misalnya: Beat the eggs.
  7. Siswa memilih satu buah makanan yang familiar bagi mereka. Lalu mintalah kelompok membuat sebuah resep makanan seperti yang mereka lihat melalui video.

2 komentar:

  1. thanks for your article,,,I have read all..I think it's good for teacher teaching....thanks,,,

    BalasHapus

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com