Perbedaan Kalimat Past Tense dan Present Perfect Tense

Bagi pembelajar Bahasa Inggris pemula, kalimat Past Tense dan Present Perfect Tense kadang rancu. Mereka tidak bisa membedakan memakai Past Tense atau Present Perfect Tense ketika menyatakan sesuatu.

Untuk mempermudah membedakan kalimat Past Tense dan Present Perfect Tense, berikut ini kami sajikan contoh-contoh sederhana. Setelah itu perhatikan penjelasan di bawahnya.
  1. I finished my work two hours ago.
  2. I have finished my work.
  3. I was in Europe last year.
  4. I have been in Europe many times.
  5. Ann was in Miami for two weeks.
  6. Bob has been in Miami for two weeks/since May.
Kalimat nomor 1 dan nomor 3 adalah kalimat Past Tense. Kalimat ini berfungsi menyatakan sesuatu yang yang sudah terjadi di masa lampau dan jelas waktunya.

Kalimat nomor 2 dan nomor 4 adalah kalimat Present Perfect Tense. Kalimat ini berfungsi menyatakan sesuatu yang terjadi tak diketahui waktunya di masa lampau. Atau, sesuatu yang terjadi berulang-ulang di masa lalu dan tak diketahui waktunya.

Kalimat nomor 5 adalah kalimat Past Tense menggunakan for/since. Kalimat ini digunakan untuk menyatakan sesuatu yang dimulai dan berakhir di masa lampau.

Kalimat nomor 6 adalah Present Perfect Tense menggunakan for/since. Kalimat ini berfungsi menyampaikan sesuatu yang telah terjadi di masa lampau dan masih berlanjut hingga sekarang.

Referensi: Fundamentals of English Grammar by Betty Schrampfer Azar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com