Mengajar Anak Kecil Bahasa Inggris Dengan Guessing Game

Mengajar anak kecil tidak bisa dimiripkan dengan orang dewasa. Mereka cenderung sulit berkonsentrasi dalam waktu lama.

Tadi sore saya harus mengganti teman yang kebetulan ijin tidak bisa mengajar di lembaga Oxford. Agak kaget juga ketika diberitahu beberapa hari sebelumnya kalau anak yang akan belajar dengan saya masih kelas 1 dan 2 SD.

Akhirnya dengan bekal pengalaman yang minim mengajar young learners saya mencoba membuat teknik bermain game untuk kelas ini. Materi yang akan disajikan adalah penggunaan article "a" dan "an" sangat mudah bagi kita para orang dewasa, tapi bagi mereka tentu tak semudah yang kita bayangkan. 

Saya mempersiapkan beberapa flash card sebagai media belajar. Flash card tersebut berupa gambar buah-buahan warna warni. Berikut ini langkah detilnya:
  1. Sebagai pemanasan, siswa dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok A dan B sama-sama menghadap papan tulis dengan orang terdepan memegang spidol.
  2. Saya mengucapkan satu macam nama buah dan meminta mereka menulis apa yang saya ucapkan. Yang tercepat dan benar mendapat tanda bintang. Contoh: a banana, an apple, an orange, a jackfruit.
  3. Anak-anak bergantian menulis nama buah tersebut. Jika orang pertama selesai, spidol diberikan kepada orang kedua dan seterusnya.
  4. Setelah selesai, dihitung nama buah yang mendapat tanda bintang. Yang paling banyak mendapat tanda bintang adalah pemenangnya.
  5. Berikutnya anak-anak saya minta berdiri melingkar di sekitar saya. Saya tunjukkan flash card satu persatu. Mereka harus menebak nama buah yang saya tunjukkan. Yang tercepat dan benar mendapat gambar tersebut. Setelah semua flash card habis di tangan saya, dihitung siapa yang mendapat kartu terbanyak.
  6. Selanjutnya, permainan guessing dengan penutup kepala. Masing-masing anak mendapat kartu berisi gambar buah-buahan.
  7. Mereka harus menunjukkan kepada teman sekelas apa yang mereka pegang.
  8. Siswa melakukan suit untuk menentukan siapa yang harus ditutup matanya.
  9. Seorang siswa yang kalah suit, ditutup matanya. Dia harus menghitung 1 - 10 sementara teman yang lain harus mencari tempat sembunyi. Mereka tidak boleh bergerak jika hitungan sudah selesai.
  10. Siswa yang matanya ditutup harus bergerak mencari dimana teman mereka.
  11. Jika ia berhasil memegang satu teman maka ia harus menebak anak tersebut. Setelah menebak nama, ia harus menebak nama buah yang dipegang anak itu. Jika benar ganti jadi kucing, jika salah dia harus mencari teman yang lain.
Itulah pengalaman hari ini. Ternyata sangat menyenangkan mengajar Young Learners. Senang rasanya melihat mereka ceria saat pembelajaran.

2 komentar:

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com