Minggu, 01 Januari 2012

Teknik Membaca Scanning dan Skimming

Membaca sebuah teks memerlukan teknik khusus. Apalagi teks berbahasa Inggris dengan kosakata njelimet dan bikin kening berkerut. 

Dengan menggunakan teknik, seberat apapun bahasa tulisan yang dibaca, akan mudah kita tangkap maknanya. Bagaimana caranya?

Kenali dua teknik ini: Scanning dan Skimming. Sebuah teknik membaca yang sangat disarankan bagi para pembelajar Bahasa Inggris. Teknik ini juga berguna pada teks Bahasa Indonesia yang cukup panjang, sehingga kita akan mudah mengetahui isinya.

Teknik Scanning

Scanning adalah sebuah teknik dengan cara membaca cepat. Kita hanya melihat sekilas dan berhenti pada bagian teks yang kita anggap penting dan menarik perhatian.

Contoh paling sederhana dari teknik ini adalah saat kita mencari nomor telepon di buku telepon. Kita akan menggerakkan mata menuju nama yang diinginkan beserta nomor teleponnya. Atau saat kita membaca teks lowongan kerja, tentu yang akan kita cari hanya nama perusahaan, alamat, dan syarat-syarat pelamar.

Teknik Skimming

Skimming adalah teknik membaca cepat untuk mencari pokok pikiran dari teks yang kita baca. Kita mengabaikan detil-detil dan hanya menggerakkan mata ke seluruh bagian teks. Kemudian kita menarik kesimpulan tentang isi teks tersebut.

Contoh paling mudah mengenai teknik skimming ini adalah ketika kita ada di sebuah toko buku untuk membeli sebuah buku. Kita akan berusaha membaca cepat bagian-bagian dalam buku. Ketika kita temui satu hal yang kita inginkan, maka kita akan tergerak membeli buku tersebut.

Contoh lain ketika kita membaca sebuah opini atau essay. Kita sebaiknya memakai skimming untuk menyimpulkan isi dari teks. Dengan teknik skimming ini, teks yang panjang lebar tak akan memberatkan sama sekali.

Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar