Mengapa Siswa Takut Pelajaran Bahasa Inggris?

Siswa takut pelajaran Bahasa Inggris? Tidak bermaksud menghakimi atau overgeneralisasi, tapi memang begitulah yang terjadi. Di sekolah, siswa seperti fobia terhadap pelajaran Bahasa Inggris. Ketakutan ini kemudian membuat mereka tidak suka. Akibatnya mereka sulit menguasai kompetensi Bahasa Inggris. Mengapa bisa demikian? 

Faktor guru

Guru ikut menentukan kemampuan berbahasa siswa. Penyampain guru yang sabar dengan guru yang garang, akan berbeda. Siswa takut dengan guru yang bertipe killer. Kalau sudah begini, perasaan takut selalu muncul setiap siswa akan menghadapi pelajaran Bahasa Inggris.

Faktor metode

Metode pembelajaran Bahasa Inggris berperan penting dalam proses belajar mengajar. Metode pembelajaran yang tepat akan membantu siswa menguasai Bahasa Inggris.

Ada guru yang tidak menerapkan metode pembelajaran Bahasa Inggris yang cocok untuk peserta didik mereka. Akhirnya, siswa mengalami beban psikologis. Dia takut dengan pelajaran Bahasa Inggris. Bahasa Inggris kemudian menjadi momok yang menghantui setiap mereka belajar Bahasa Inggris di sekolah. Lalu, kapan mau bisa berbahasa Inggris dengan situasi begini?

Faktor lingkungan

Interaksi dalam kelas mempengaruhi suasana hati siswa. Suasana kelas yang kondusif dengan siswa yang saling menghormati satu sama lain. Siswa menjadi takut membuat kesalahan berbahasa manakala sering dicemooh ketika membuat kekeliruan berbahasa. Siswa menjadi minder saat dia dijadikan bahan lelucon karena error dalam bahasa Inggris.

Lalu apa yang bisa kita lakukan supaya mereka tidak takut dengan pelajaran Bahasa Inggris? Jawabannya tentu kebalikan dari semua yang dipaparkan di atas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com