Ciri-ciri Teks Naratif

Teks naratif adalah sebuah teks yang mempunyai fungsi untuk menghibur pembaca. Isinya berupa karangan fiktif yang dibuat oleh penulis.

Teks Naratif (narrative text) mempunyai ciri-ciri dan sifat sebagai berikut:

Tokoh fiktif 

Kadang nama tokoh sama dengan nama orang sekitar, tapi itu hanya rekaan semata. Misalnya seseorang bernama Sule dalam sebuah cerita. Tapi ia bukan Sule yang biasa maen di OVJ. Di dalam cerita tersebut Sule adalah seorang guru SD berjuang di sebuah desa terpencil.

Alur cerita

Alur cerita dalam karangan naratif sedikitnya berisi orientasi, komplikasi, dan resolusi. Komplikasi dan resolusi bisa lebih dari satu kali.

Alur cerita berisi orientasi atau pengenalan tokoh (orientation), komplikasi atau masalah (complication), dan resolusi atau pemecahan masalah (resolution). 

Dalam orientation berisi pengenalan tokoh, setting waktu dan tempat kejadian. Complication adalah permasalahan yang dihadapi oleh tokoh dalam cerita. Permasalahan bisa lebih dari satu yang kemudian disertai resolution (pemecahan masalah).

Bentuk waktu

Memakai bentuk waktu lampau (past tense) untuk narrative text dalam bahasa Inggris. Bentuk waktu yang lain seperti Present Tense, Present Continuous Tense dan lainnya, bersifat temporal. Maksudnya, hanya ada ketika terdapat percakapan antar tokoh. Contoh: "Hi, man. What are you doing here?" asked Angger.

Berisi Pesan Moral

Ada pesan moral yang ingin disampaikan oleh pengarang baik tersirat maupun tersurat.Pesan moral bisa dilihat dari karakter para tokoh dan peristiwa yang terjadi dalam cerita.

Untuk mengetahui pesan moral yang ada di sebuah cerita tentu saja cerita tersebut harus dibaca berulang kali hingga dipahami maksud dan tujuannya.

Simak cara mengetahui pesan moral sebuah cerita naratif disini

1 komentar:

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com