Kamis, 01 Desember 2011

Materi Surat Sudah Tidak Relevan Untuk Pelajaran Bahasa Inggris

Surat terdiri dari dua macam. Surat formal dan surat informal. Surat formal contohnya adalah surat lamaran kerja, surat pemberitahuan, dan surat PHK. Sedangkan contoh surat informal adalah surat pribadi seperti surat korespondensi, dan surat cinta.

Materi pelajaran Bahasa Inggris yang sudah tidak relevan lagi dengan perkembangan jaman adalah materi membaca dan menulis surat pribadi (Short Functional Text Letter). Materi ini dianggap usang karena perkembangan teknologi telah menggesernya. 

Dewasa ini, orang lebih suka memakai SMS daripada surat. Beda dengan jaman dulu, surat menjadi primadona untuk menyampaikan kabar, hubungan jarak jauh, dan informasi pribadi. 

Tak lama setelah internet mulai dikenal umum, orang beralih ke surat elektronik (email). Tapi, tak berapa lama orangpun meninggalkan email karena dianggap kurang praktis dan perlu biaya untuk internet.

Dalam beberapa buku Bahasa Inggris masih ditemukan beberapa jenis surat pribadi. Tentu saja mengajarkan materi ini bukan hanya dimaksudkan mengenal surat akan tetapi juga agar bisa berinteraksi dan berkomunikasi dalam bentuk surat.

Disitulah letak kekurangannya. Orang sudah tak ada minat lagi menulis surat. Walaupun ada rangsangan, tetap saja, teknologi akan mengalahkannya. 

Ngapain nulis panjang, Bikin tangan pegel. Enakan sms aja. Atau chatting di facebook dan YM. Begitu pengakuan para siswa ketika diminta komentar tentang surat.

Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar