Jumat, 04 November 2011

Perbedaan American dan British English? Mana Yang Lebih Baik?

Ada pertanyaan dari seorang siswa, "Mana yang lebih baik, belajar American atau British English, pak?"

Jawaban saya tentu saja American English baik, British English juga baik. Keduanya sama-sama bahasa. Keduanya mempunyai fungsi yang sama yakni sebagai alat komunikasi.

Apa manfaat belajar American dan British English?

Manfaatnya tidak akan dirasakan ketika masih duduk di bangku sekolah. Manfaatnya baru terasa kalau siswa sudah selesai sekolah kemudian pindah atau melanjutkan studi di negara berbahasa Inggris.

Bagi orang yang terbiasa belajar gaya American English, jika mempunyai kesempatan ke Amerika Serikat, maka ia tidak kagok lagi dengan bahasa orang Amerika. Orang itu tidak akan merasa aneh lagi dengan pengucapan dan tulisan ala Amerika.

Begitu pula orang yang terbiasa mempelajari bahasa Inggris ala orang British, jika ia berkunjung ke negeri Ratu Elizabeth sana, ia tak akan canggung menggunakan bahasa Inggris sesuai dengan yang ia pelajari.

Lalu, bagaimana dengan orang yang mengalami hal sebaliknya? Dia sudah terbiasa mempelajari British English, tapi kemudian kuliah di Ohio State University, California. Dia tentu akan merasa asing dengan bahasa Inggris orang Amerika.

Apa perbedaan dua gaya bahasa ini?

American dan British English mempunyai beberapa perbedaan. Perbedaan itu diantaranya, pengucapan, aksen, tata bahasa, dan kosakata.

Contoh perbedaan pengucapan American dan British English.
Class
  • Baca: Kles (American).
  • Baca: Klas (British).

Contoh perbedaan penulisan American dan British English.
  • Colour (British).
  • Color (American).

Contoh perbedaan tata bahasa American dan British English.
  • I've lost my key (British).
  • I lost my key (American).

Contoh perbedaan vocabulary American dan British English.
Truk
  • Truck (American)
  • Lorry (British)
Sebagai siswa harus belajar American atau British English? Belajar American tidak dosa, mempelajari British English juga tak haram.

Dengan mempelajari American English, walaupun kita tidak menetap di negara Amerika, sedikit banyak kita terbantu untuk memahami film-film impor yang didatangkan dari Hollywood.

Sedangkan mempelajari British English sangat membantu kita memahami literatur yang rata-rata menggunakan British English. Selain itu, banyak buku-buku pelajaran dan evaluasi belajar juga menggunakan British English.

Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar