Cara Menyusun Kegiatan Kelas Materi Reading

Cara menyusun kegiatan dalam kelas untuk materi reading.

1. Tentukan tujuan pembelajaran. Misalnya, setelah proses belajar mengajar, siswa dapat memperoleh informasi rinci mengenai teks narratif.

2. Tentukan teks naratif yang akan dijadikan media pembelajaran. Misalnya: The legend of Timun Mas.

3. Sekarang menentukan cara mengawali kegiatan. Awali kegiatan dengan permainan yang berhubungan dengan materi. Misalnya permainan memory game untuk mengajarkan kosakata terkait.

4. Selanjutnya adalah menentukan pertanyaan pembuka (leading questions). Misalnya: Do you know some Indonesian legends? Tell 3 legends!

5. Ajarkan kosakata kunci yang akan dipakai dalam kegiatan reading. Mengajar kosakata kunci bisa dengan mencari persamaaan kata, atau menjodohkan dengan gambar.

6. Masuk ke dalam kegiatan inti. Gunakan strategi gap filling atau questions. Jika dianggap siswa akan menemukan kesulitan, berikan pilihan ganda.

7. Jika memungkinkan tambahkan strategi menjodohkan dengan gambar. Anda tinggal menyiapkan gambar berurutan dan minta siswa mengurutkan sesuai dengan bacaan.

8. Untuk pendalaman materi, mintalah siswa mencari cerita dalam majalah, buku, novel atau dari surat kabar. Kemudian mereka harus mengidentifikasi tokoh cerita, permasalahan dari tokoh utama, dan akhir cerita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com