Rabu, 16 November 2011

Apa Saja Isi Perangkat Pembelajaran?

Saya menulis artikel ini bertujuan memberikan gambaran kepada para calon guru. Bagi para guru senior, hal seperti ini sudah tidak asing lagi.

Perangkat pembelajaran adalah kumpulan administrasi yang harus dipersiapkan guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Apa saja isinya?

1. Kalender Pendidikan.
Kalender pendidikan adalah jadwal pembelajaran di suatu wilayah. Dalam satu wilayah propinsi mempunyai kalender pendidikan sama. Isi dari kalender pendidikan adalah rekapitulasi hari efektif mengajar, hari efektif fakultatif, hari libur nasional, pelaksanaan ujian semester dan liburan sekolah.

2. Perhitungan Alokasi Waktu.
Perhitungan alokasi waktu didasarkan pada kalender pendidikan yang di terbitkan kantor wilayah pendidikan propinsi. Guru yang bertugas bagian kurikulum di sekolah telah melakukan perhitungan berdasarkan pekan efektif, yang nantinya digunakan guru yang lain untuk menyesesuaikan dengan materi pelajaran.

3. Perhitungan Pekan Efektif.
Kalkulasi pekan efektif dan tdak efektif selama setahun. Selain menghitung pekan, lembaran ini berisi SKdan KD yang harus dicapai siswa selama satu semester.

4. Program Tahunan (Prota).
Berisi pemaparan SK dan KD selama satu tahun. Bagian ini berbentuk kolom disertai alokasi waktu selama satu tahun.

5. Program Semester (Promes).
Berisi paparan KD selama satu semester. Di dalamnya berisi kolom-kolom yang menjadi perencanaan pelajaran selama satu semester.

6. Daftar Hadir Siswa.
Berisi nama siswa dan kolom yang menjadi catatan kehadiran siswa.

7. Daftar Nilai Siswa.
Berisi daftar nilai siswa baik berupa nilai tugas, ulangan harian, maupun ulangan semester yang nantinya direkapitulasi untuk nilai rapor.

8. Analisis Ulangan Harian.
Berisi analisis ulanagan harian yang telah dilaksanakan. Analisis ini berfungsi mengetahui perkembangan dan ketercapaian kompetensi siswa.

9. Materi Pengayaan dan Remedial.
Berisi materi pengayaan bagi siswa yang telah dinyatakan melewati Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan materi remedial bagi siswa yang tidak tuntas.

10. Jurnal Guru.
Jurnal guru merupakan catatan guru mengenai materi yang disampaikan. Catatan ini berfungsi sebagai rekaman dan membantu guru mengetahui sejauh mana materi telah disampaikan.


Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar