Supaya Ide Menulis Tetap Ada

Banyak blog sampah di internet. Blog sampah yang saya maksud adalah blog yang terbengkalai. Blog ini terbengkalai karena ditinggal begitu saja oleh pemiliknya.

Ada beberapa kemungkinan penyebab blog tersebut terbengkalai. Blog terbengkalai karena kesibukan pengelola di dunia nyata, mengelola banyak blog, lupa password, kena hack, atau malah kehabisan ide menulis.

Saya tertarik untuk membahas kehabisan ide menulis. Ini pernah terjadi pada saya dulu sebelum konsisten ngeblog. Waktu itu ngeblog hanya sekedar ikut-ikutan agar eksis di dunia maya. Tanpa tujuan yang jelas. Akhirnya macet di tengah jalan karena kehabisan ide.

Bagaimana supaya ide menulis tetap ada? Bagaimana supaya bisa ngeblog dengan ide lancar? Saya ingin berbagi tips sederhana dengan anda.

1. Pilih tema blog sesuai bidang atau kesukaan.
Memilih tema blog sesuai bidang yang dikuasai membuat ide menulis selalu ada. Jika berkecimpung di bidang hukum tulislah artikel di bidang hukum. Jika seorang pendidik, jangan segan-segan berbagi ilmu pengetahuan di bidang pendidikan. Jika seorang ahli IT, ada baiknya menulis tentang IT.

Selain karena bidang yang digeluti, kita juga bisa menulis karena kesukaan. Kalau suka musik, tulislah hal-hal tentang musik. Atau bisa lebih spesifik lagi misalnya menulis tentang satu artis penyanyi. Maka, ide akan selalu mengalir.

Setelah menentukan tema blog selanjutnya kita perlu konsisten. Tulis segalanya berdasarkan tema blog. Jika bisa lakukan ini, maka kita mendapat dua keuntungan. Pertama, ide mengalir terus. Kedua, blog akan dikenal karena ciri khas unik.

2. Seimbangkan dunia nyata dan maya.
Mulailah mengatur waktu dunia nyata dan dunia maya. Berkutat di depan komputer terus menerus akan membuat otak menjadi jenuh. Otak perlu di refresh dengan bersosialisasi. Dari kegiatan bersosialisasi ini, ide-ide baru bisa muncul hingga menjadi bahan menulis.

Bukankah di dunia maya juga ada tempat bersosialisasi seperti facebook dan twitter? Iya tapi beda rasanya. Bersosialisasi di dunia maya tak bisa disamakan dengan berinteraksi di dunia nyata. Di dunia nyata kita bisa merasakan emosi lawan bicara, mengetahui gerak gerik orang, dan bisa juga membaca pikiran orang. Dengan begitu, kita akan peka dan merasa lebih lega. Beda dengan dunia maya yang dibatasi ruang dan waktu. Segalanya bisa semu.

3. Belajar membuat mind mapping.
Mind mapping bisa disebut sebagai kemampuan analisa terhadap sesuatu. Contoh sederhana, jika melihat seorang yang kecelakaan kita bisa menjadikannya bahan tulisan. Kita bisa menuliskan siapa, kapan, dimana kejadian kecelakaan tersebut. Bisa juga ditambahkan reaksi orang-orang sekitar ketika kejadian tersebut.Kita bisa membuat poin-poin kejadian terlebih dahulu. Setelah detil, kita bisa mengembangkannya menjadi paragraf. Setelah selesai bisa diperiksa sekali lagi lalu dipublish.

Itu saja saran sederhana mengenai supaya ide menulis tetap ada. Ini juga saya terapkan dalam mengelola blog saya SekolahOke.com ini.

Salam

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com