Sabtu, 01 Oktober 2011

Cara Mengajar Menulis Narrative Text

Cara mengajar menulis narrative text ini diperuntukkan bagi bapak dan ibu guru yang mencari bahan menyusun Lesson Plan pelajaran bahasa Inggris untuk writing skills. Bapak atau ibu guru bisa merubah prosedur mengajar menulis narrative text ini disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa.

Prosedur mengajar menulis narrative text:
  1. Mintalah siswa membuat daftar cerita rakyat atau legenda yang pernah mereka baca. Ini bertujuan untuk memperkenalkan topik yang akan dipelajari.
  2. Beri siswa contoh teks narrative sederhana. Mintalah mereka mengidentifikasi tokoh utama, setting kejadian seperti waktu dan tempat, masalah yang terjadi dengan tokoh utama dan bagaimana masalah tersebut terselesaikan.
  3. Mintalah siswa mengidentifikasi kalimat simple past tense dalam cerita. Ini berfungsi untuk memberi pengertian kepada siswa bahwa narrative text menggunakan past tense.
  4. Berikan soal simple past tense sebagai bahan latihan untuk memperkuat pengertian mereka.
  5. Mintalah siswa membuat draft cerita. Draft cerita berisi tokoh utama rekaan, tempat dan waktu, masalah yang dihadapi oleh tokoh utama, dan bagaimana masalah tersebut selesai.
  6. Mintalah siswa menyusun 3 paragraf dengan urutan; paragraf pertama berisi pengenalan tokoh, tempat dan waktu kejadian, paragraf kedua berisi permasalahan yang dihadapi tokoh utama, paragraf ketiga berisi bagaimana masalah tersebut terselesaikan. Beri waktu beberapa menit agar siswa menyelesaikan cerita.
  7. Mintalah siswa bertukar lembar kerja dan mintalah masing-masing siswa meneruskan cerita yang dibuat teman mereka. Siswa hanya menambah 1 paragraf sebagai bagian akhir dari cerita.
  8. Mintalah siswa memberi feedback/komentar tertulis terhadap cerita buatan teman mereka.



Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar