Cara Supaya Siswa Suka Pelajaran Bahasa Inggris

Rasa suka adalah langkah awal agar bisa menguasai sesuatu. Dengan rasa suka orang akan lebih inten. Kemudian melakukan apa saja agar selalu bisa bertemu dengan sesuatu yang ia sukai itu. Ibarat orang yang jatuh cinta kepada lawan jenis, pasti rasa rindu selalu menyertai.

Begitu pula dalam pelajaran bahasa Inggris. Rasa suka adalah pintu gerbang agar siswa bisa menguasai bahasa Inggris.

Supaya siswa suka dengan bahasa Inggris, guru harus melakukan sesuatu agar bahasa Inggris menjadi primadona bagi para siswa. Dengan rasa suka, pelajaran bahasa Inggris ini tidak menjadi momok yang menakutkan bagi mereka. Tapi sebaliknya, mereka selalu rindu dengan pelajaran bahasa Inggris.

Bagaimana cara supaya siswa suka pelajaran bahasa Inggris? Berikut ini beberapa saran untuk guru bahasa Inggris.

Good rapport

Jadilah guru yang menyenangkan. Akrab dengan siswa. Menjaga hubungan emosional. Tidak menakutkan. Selalu hangat terhadap semua peserta didik.

Good rapport bisa dilakukan dengan pendekatan personal ketika pelajaran. Menanyakan kesulitan siswa. Menghindari sikap meremehkan, kata-kata kasar seperti “kamu bodoh” dan lain sebagainya.

Hentikan Ancaman

Karena ada siswa yang nakal terkadang guru menjadi emosi kemudian mengancam. Kata-kata ancaman misalnya tidak akan memberi nilai bagus, tidak akan naik kelas, justru akan membuat anda dimusuhi. Mereka tidak akan mengungkapkan hal itu di depan anda, tapi hal itu akan berefek pada pelajaran bahasa Inggris yang anda ajarkan. Mereka tidak akan percaya diri lagi untuk belajar bahasa Inggris.

Bawa sesuatu yang baru

Setiap masuk kelas bawalah sesuatu yang baru. Hindari terpaku pada buku teks. Banyak hal-hal otentik di sekitar kita. Hal-hal tersebut bisa dipelajari dan lebih menyenangkan.

Hilangkan rasa tertekan diri siswa

Mempelajari bahasa Inggris, bagi sebagian anak menimbulkan rasa tertekan. Maka dari itu, hilangkan rasa tertekan itu. Menghilangkan stress bisa dengan bermain game sebelum pelajaran dimulai, atau selingi pelajaran bahasa Inggris dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris yang mudah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com