Rabu, 05 Oktober 2011

Cara Mengajar Speaking Meminta/Memberi Informasi Waktu (Asking/Giving Information About Time)

Berikut ini cara mengajar Speaking meminta dan memberi informasi tentang waktu (Asking and giving information about time). Kompetensi dasar ini diberikan untuk siswa kelas 7 SMP Semester Gasal.

Tujuan Pembelajaran:
Setelah proses belajar mengajar siswa dapat meminta dan memberi informasi tentang waktu dalam konteks kehidupan sekolah.

Langkah pembelajaran.

1. Lakukan pemanasan sebelum pembelajaran. Pemanasan ini berguna untuk membuat siswa menjadi rileks dan siap menghadapi pembelajaran. Contoh pemanasaan sesuai topik: Mintalah siswa menebak angka-angka yang dijumlahkan dalam bahasa Inggris. Supaya seru, bagilah siswa menjadi dua kelompok. Lalu secara bergantian menebak. Tentu saja agar ada kompetisi, tiap kelompok mempunyai kesempatan berpikir dan menjawab dalam waktu 5 detik.

2. Lead in. Mintalah siswa menjawab pertanyaan seputar topik yang akan dipelajari. 
Contoh pertanyaan: 
  • What is your favourite subject? 
  • What subject are you afraid of? 
  • What time is English on Sunday? 
Pertanyaan-pertanyaan ini bisa ditulis di papan tulis. Beri waktu beberapa menit supaya siswa menjawab di buku catatan mereka. Lalu tanyailah 10 orang siswa secara acak.

3. Mintalah siswa menjodohkan  jam dengan kalimat tertulis. 
Contoh: 

12. 30
12.15
11.00
11.20
10.50
ten to eleven
eleven o'clock
a half past twelve
twenty past eleven
a quarter past twelve

4. Mintalah siswa mendengarkan teks lisan tentang jam pelajaran. Setelah itu mereka mengisi jam pada jadwal pelajaran tersebut sesuai teks lisan yang diperdengarkan/dibaca guru.

5. Berilah contoh percakapan sederhana: "What time is English on Sunday?" Kemudian mintalah siswa secara bertanya jawab dengan teman sebangku.

6. Mainkan cat and mouse game. Satu orang siswa di depan kelas. Melontarkan sebuah pertanyaan kepada salah satu siswa. Jika siswa tidak bisa menjawab dalam hitungan sepuluh maka dia mengganti posisi si penanya. Kemudian siswa ini melakukan hal serupa. Sebagai contoh, guru bisa memulai memberi contoh dengan melontarkan pertanyaan kepada satu siswa.


Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar