Cara Mudah Membuat Descriptive Text

Descriptive text berfungsi menggambarkan sesuatu secara khusus. Descriptive text ini disusun berdasarkan kemampuan dan kejelian penulis dalam menggambarkan objek yang ia tulis.

Descriptive text adalah jenis teks paling sederhana dan mudah dibuat. Penulis hanya perlu mengamati benda, orang, atau tempat khusus, kemudian menuangkannya dalam bentuk tulisan.

Mari kita berlatih membuat descriptive text. Mulailah mengamati sesuatu yang kamu punya. Misalnya, hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.

Buatlah daftar pertanyaan seperti di bawah ini:
1. Apa nama objek yang kamu amati?
2. Apa ciri-ciri yang ia miliki?
3. Apa saja kebiasaannya sehari-hari?

Setelah selesai membuat pertanyaan, jawablah sedetil mungkin. Susun menjadi sebuah draft karangan. Pertama, benda, orang, atau tempat yang akan dijabarkan. Kedua, deskripsi detil tentang benda, orang atau tempat tersebut.

Kembangkan draft menjadi paragraf. Paragraf akan menjadi panjang jika kamu sangat detil mendeskripsikan benda, orang, atau tempat yang menjadi objek karangan.

Setelah selesai, periksa salah ejaan dan struktur bahasa yang digunakan.

Berikut ini disajikan contoh karangan descriptive text tentang hewan peliharaan. Kata yang bercetak tebal bisa kamu ganti dengan kata lain yang sesuai dengan objek yang kamu inginkan.

My lovely cat, Robo

I have a cat name Robo. Robo is a male cat. He is a lovely cat

Robo has slanting green eyes. The eyes are shining in the dark. His hair is white and his tail is long. He looks very clean because I bathe him every 3 days.

Robo likes to eat some fish. I give him some rice with a piece of fish. He also drinks some milk. I give hime a half of bowl of milk everyday.

Selamat mencoba membuat descriptive text!

1 komentar:

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com