Rencana Pembelajaran Listening: Memberi Nasehat (Giving Advice) dan Memperingatkan (Warning)

Dalam kesempatan kali ini sekolahoke.com ingin berbagi tentang menyusun Rencana Pembelajaran Listening. Kami membahasnya dalam bentuk essai singkat dan tidak monoton seperti RPP pada umumnya.

Rencana Pembelajaran Listening ini dibagi menjadi tiga tahap yakni Kegiatan awal, Kegiatan inti, dan Kegiatan akhir. Materi yang dipilih adalah How to Express Giving Advice yang dalam silabus SMA/MA kelas XI Semester I.

Tujuan dari pembelajaran ini adalah siswa dapat mengidentifikasi ungkapan/tindak tutur memberi nasihat dan peringatan (giving advice and warning). Konteks yang dipakai adalah kehidupan di sekolah (school life).

Kegiatan Awal:
1. Bagilah siswa menjadi berkelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 4 atau 5 orang.
2. Mintalah siswa memperhatikan gambar tentang jenis obat-obatan terlarang dan memberi nama masing-masing sesuai pengetahuan mereka.
3. Cek jawaban bersama-sama.
4. Ajarkan kosakata baru yang akan dipakai dalam pembelajaran, misalnya dengan menjodohkan persamaan kata atau lawan kata, bisa juga dengan menjodohkan gambar.
5. Koreksi bersama-sama.

Kegiatan Inti:
1. Buatlah siswa berpasang-pasangan.
2. Putar rekaman percakapan tentang giving advice and warning. Mintalah siswa mengidentifikasi informasi umum dari rekaman tersebut. Putar sekali lagi untuk memperkuat indra pendengaran mereka.
3. Cek jawaban bersama-sama.
4. Putar sekali lagi percakapan tentang giving advice and warning. Mintalah siswa mengidentifikasi informasi khusus dari rekaman tersebut. Putar sekali lagi untuk memperkuat indra pendengaran peserta didik.
5. Cek bersama-sama seluruh siswa.
6. Mintalah siswa mengidentifikasi ungkapan memberi nasehat (giving advice) dan memperingatkan (warning). Caranya dengan menyediakan lembar pekerjaan berisi berbagai ungkapan memberi nasehat dan memperingatkan (giving advice and warning) lalu meminta mereka memilah mana yang giving advice dan mana yang warning.
7. Cek jawaban bersama-sama seluruh siswa.

Kegiatan Akhir:
1. Mintalah siswa bertanya jawab tentang masalah teman mereka dan memberikan nasehat. Jika ini sulit diterapkan, berilah flashcard berisi tentang masalah yang biasa ditemui siswa di sekolah. Lalu mintalah siswa melakukan interview dengan 5 teman untuk memecahkan masalah tersebut.
2. Beri kesimpulan dan refleksi pembelajaran


Salam dari Fadli Eha ~ Sekolahoke.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com