Kamis, 04 Agustus 2011

Cara Efektif Mengajar Bahasa Inggris | Tips Untuk Calon Guru

Artikel ini dikhususkan bagi calon guru atau adik-adik mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang akan melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah. Tentu sebagai calon guru yang belum pernah masuk ke lingkungan pendidikan formal, memerlukan banyak informasi dan tips seputar cara efektif mengajar bahasa Inggris agar proses belajar mengajar menjadi lancar tanpa kendala.

Apa saja yang harus dipersiapkan supaya mengajar bahasa Inggris menjadi efektif dan efisien? Simak tips berikut ini:

Tahap persiapan 

1. Pelajari kurikulum dan silabus pelajaran bahasa Inggris. Catat tujuan pembelajaran yang tercantum dalam silabus bahasa Inggris tersebut.

2. Setiap kali akan mengajar buatlah sebuah rencana pelajaran Caranya: pilih satu kompetensi dasar di dalam silabus. Lalu mulailah membuat langkah-langakah untuk mencapainya.

3. Buat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Lesson Plan) secara sistematis. Buatlah tiga fase: Kegiatan Pendahuluan, Kegiatan Inti dan Kegiatan Akhir. Tutorial lengkapnya baca artikel Cara Mudah Menyusun Lesson Plan.

4. Persiapkan media belajar. Akan lebih menarik jika disertai gambar. Media informasi lain seperti viewer, OHP, Video juga akan membuat pembelajaran menjadi nyaman dan menyenangkan.

Kegiatan dalam Kelas

1. Berilah pemanasan setiap mengawali pelajaran. Game yang berhubungan dengan topik yang akan diajarkan bisa menumbuhkan motivasi siswa. Macam-macam game pelajaran bahasa Inggris bisa anda temukan di Kolom Ruang Guru >> Metode Teknik dan Strategi

2. Usahakan siswa mengerjakan tugas secara berkelompok atau dengan teman sebangku. Kurangi kegiatan individu. Ini dimaksudkan mengurangi tingkat stress dalam belajar bahasa Inggris. Lebih jelasnya baca postingan tentang Kelebihan dan Kekurangan antara Kerja Kelompok dan Individual

3. Berilah instruksi yang jelas dan sederhana setiap kali memberi tugas pada siswa. Contoh: Listen to the conversation and fill the gap!

4. Kurangi berbicara dan menjelaskan terlalu banyak. Berilah waktu siswa menyelesaikan tugas. Beri tanda dengan suara alarm atau alat lainnya. Contoh: Rearrange the following puzzle in five minutes!

5. Monitor seluruh kegiatan siswa. Bantu siswa jika terlihat ada yang kelihatan menemukan kesulitan.

6. Berilah kesimpulan setiap akhir pelajaran. Kesimpulan bisa dengan kuis atau permainan.

7. Beri feedback pada siswa. Bisa juga dengan meminta siswa memberikan kesan secara lisan atau tertulis tentang kegiatan pelajaran saat itu. Misalnya: Mana yang kamu sukai dari pelajaran hari ini? Mana yang kamu tidak sukai?

Salam


Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar