Atasi Komputer Lambat dengan Disk Difragmenter

Sebal rasanya jika kinerja komputer mulai lambat. Terkadang membuka file yang ukuran kecil saja butuh lebih dari satu menit. 

Ada beberapa kemungkinan yang membuat komputer menjadi lambat, diantaranya: terjangkit virus atau trojan, terlalu banyak program, resolusi tinggi dan bisa pula karena file di hard disk tak beraturan.

Semua masalah tersebut di atas bisa diatasi. Dalam artikel ini khusus akan dikupas cara mengatasi kinerja komputer yang mulai lemot dengan Disk Difragmenter.

Disk Difragmenter adalah sebuah software bawaan di Microsoft Windows XP yang berfungsi menata ulang file-file dalam hard disk.

Cara menggunakan Disk Difragmenter adalah sebagai berikut:
  1. Klik Start - All Program - Accessories - System Tools - Disk Difragmenter
  2. Setelah masuk Disk Difragmenter klik Analyze. Fungsi Analyze adalah mengetahui seberapa banyak file yang akan di defrag. Jika hard disk memang perlu di defrag maka akan muncul dialog box "You need to defrag this volume." Jika tidak maka akan muncul "You do not need to defragment this volume".
  3. Klik Defragment jika komputer menyarankan untuk melakukan. Tunggu beberapa saat sampai komputer selesai defrag. Di akhir difragment akan muncul kotak dialog yang menyatakan volume yang dipilih telah berhasil didefrag.
  4. Lanjutkan dengan mendefrag volume/partisi yang lain.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar cara melakukan defragment berikut ini.


Saran: Sebaiknya Defragment dilakukan secara berkala misalnya sebulan sekali untuk menjaga hard disk tetap segar. Hindari melakukan defrag terlalu sering. Tindakan ini justru membuat track di hard disk cepat rusak.

Penulis: FEH

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com