Kamis, 26 Mei 2011

Posisi Tempat Duduk Siswa Pengaruhi Kenyamanan Belajar

Posisi duduk siswa di kelas sangat mempengaruhi kenyamanan proses belajar mengajar. Tempat duduk yang berderet ke belakang yang selama ini diterapkan di sekolah-sekolah terlihat menjenuhkan dan membuat kelas kurang interaktif.

Posisi tempat duduk berjajar dengan bangku berisi dua orang, menjadi pilihan sekolah-sekolah dikarenakan jumlah siswa yang banyak. Sekolah-sekolah ini terisi hingga 40 siswa per kelas. Hal ini menyulitkan untuk mengatur tempat duduk dengan model yang bervariasi.

Dengan posisi duduk semacam itu, kegiatan belajar semisal diskusi dan permainan simulasi kelompok menjadi sedikit terhambat. 

Apa yang harus seorang guru lakukan untuk memodifikasi kelas supaya lebih interaktif dan nyaman? Berikut ini posisi tempat duduk yang bisa diterapkan di kelas dengan siswa berjumlah banyak.

1. Posisi tempat duduk berbentuk U. 
Seluruh bangku dan tempat duduk berjajar di tepi kelas. Meja guru bisa diletakkan di bagian dekat papan tulis.

2. Posisi tempat duduk O
Seluruh bangku dan tempat duduk berjajar di tepi kelas. Meja guru di letakkan di tengah. Posisi ini bisa disebut posisi meja bundar.

3. Posisi berhadapan
Letakkan dua baris bangku di kiri dan dua baris lagi di  sebelah kanan di dalam ruang kelas.

4. Posisi tempat duduk L
Aturlah dua bangku membentuk L. Isilah masing-masing kelompok dengan 4 siswa.



Dengan mengatur posisi tempat duduk seperti di atas, guru bisa mendapatkan beberapa keuntungan. Diantara keuntungan itu adalah:

Siswa bisa berinteraksi dengan siswa lain dengan mudah. 
Interaksi antar siswa melatih mereka untuk hidup sosial dan bisa bergotong royong menyelesaikan masalah.

Guru mudah mengontrol kelas.
Model tempat duduk tersebut di atas membuat pandangan guru tidak terhalang. Guru bisa dengan mudah melakukan kontrol dan mengoreksi pekerjaan siswa.

Penulis: Fadli Eha



Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar