Pendekatan Pembelajaran Cara SAVI

Studying Pictures, Images and Photos
[Learning by doing/ Photobucket]
Pernah mendengar pendekatan belajar cara SAVI? Ini bukan metode atau tekhnik baru dalam pembelajaran, tapi merupakan singkatan dari Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual. SAVI adalah sebuah pendekatan pembelajaran kepada peserta didik dengan cara Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual.

>> Somatis

Somatis artinya bergerak dan berbuat. Peserta didik diajak belajar dengan belajar dengan cara bergerak, tidak hanya diam pasif di bangku mereka. Pembelajar melakukan proses pembelajaran dengan melakukan sesuatu.

Cara belajar model Somatis dilakukan dengan cara menggerakkan anggota tubuh. Cara belajar ini  juga disebut dengan belajar Kinestetis.

Penganut pendekatan pembelajaran Somatis beranggapan bahwa pikiran dan tubuh adalah satu kesatuan. Keduanya merupakan satu bagian yang tidak bisa dipisahkan. Apabila keduanya utuh dan tidak dipisahkan, maka hasil pembelajaran bisa lebih optimal.

>> Auditori

Auditori adalah pendekatan pembelajaran dengan berbicara dan mendengar. Peserta didik diajak belajar menggunakan suara dan telinga mereka dalam proses pembelajaran.

Teori pendekatan auditori berkembang dengan anggapan bahwa sejarah awal masyarakat dibentuk dengan auditori. Mereka menyampaikan dan mendapatkan informasi dengan berbicara dan mendengar. Dengan latar belakang sejarah tersebut, akhirnya dikembangkan sebuah pendekatan pembelajaran auditori.

Kegiatan pembelajaran auditori diawali dengan membaca secara nyaring dan menginformasikan ulang.  Misalnya: membaca nyaring daftar kosakata, merekam suara kemudian mendengarkan lagi, menceritakan sebuah cerita atau pengalaman dan lain-lain. Dengan kegiatan ini, pembelajar dianggap bisa belajar secara alami.

>>Visual

Visual adalah pendekatan pembelajaran dengan mengamati dan menggambarkan. Pendekatan visual menganggap bahwa indera penglihatan adalah proses yang paling banyak menyampaikan informasi ke otak.

Pendekatan visual beranggapan bahwa manusia belajar lebih baik jika menggunakan alat bantu visual atau mengamati contoh benda dari dunia nyata ketika sedang belajar.

>> Intelektual

Intelektual adalah pendekatan pembelajaran dengan memecahkan masalah dan merenung. Pendekataan Intelektual yang dimaksud disini adalah cara belajar dengan menciptakan makna, menggunakan pikiran serta menghubungkan antara mental, fisik, emosional, dan intuitif tubuh untuk membuat makna baru bagi dirinya sendiri.

Metode pendekatan ini mengiginkan sebuah kedewasaan sebuah pembelajaran. Peserta didik diajak berpikir mendalam tentang sesuatu yang sedang dipelajari.

Pendekatan SAVI

Bagaimana jika cara-cara belajar di atas digabung menjadi satu? Tentu akan menjadi sebuah cara belajar yang menyenangkan dan penuh makna.

Belajar dengan bantuan alat dan media baik audiovisual, kemudian diikuti dengan praktek fisik yang membuat peserta didik mempunyai pengalaman belajar lalu semuanya dilebur dengan cara memahami dan merenungkan hasil pembelajaran.

Tentu saja sebuah hasil belajar yang tidak hanya mengandalkan kesenangan semata, namun ada proses pematangan yang merupakan tujuan dari belajar itu sendiri.

Sumber: The Accelerated Learning - Dave Meier

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com