Bedanya Bimbel, Kursus, dan Les Privat

Bimbel (bimbingan belajar), kursus, dan les privat merupakan tempat belajar non formal. Dengan kata lain, tiga tempat belajar ini adalah tempat khusus untuk belajar selain di sekolah.

Apa perbedaan dari ketiga tempat belajar non formal ini?

Bimbel adalah suatu tempat yang dibuat khusus untuk membantu siswa dalam mendalami materi pelajaran sekolah. Bimbel biasanya diperuntukkan bagi mereka yang membutuhkan pelajaran tambahan selain di sekolah.

Materi yang disajikan di sebuah bimbel biasanya kepanjangan tangan dari materi yang di dapat di sekolah. Bedanya, bimbel lebih menitik beratkan pada trik-trik mengerjakan soal pelajaran tertentu.

Siswa yang masuk ke sebuah bimbel akan selalu disajikan materi pembahasan soal. Dia dibimbing mengerjakan soal dengan cepat. 

Bimbel cocok bagi siswa yang membutuhkan waktu tambahan di luar pelajaran sekolah dengan titik berat pada soal-soal. Bahasa yang lebih mudah, bimbel tidak memperdulikan proses materi, tapi bagaimana menyelesaikan persoalan.

Kursus adalah tempat khusus untuk melatih skill seseorang. Maka dari itu kursus hanya fokus pada suatu skill. Misalnya, kursus komputer, bahasa Inggris, tata boga, tata busana, mesin dan lain-lain.

Karena tujuannya mencetak orang yang mempunyai kemampuan tertentu, kursus berupaya membekali siswanya dengan kemampuan dan teknik.

Kursus cocok bagi orang yang berniat menekuni suatu bidang pekerjaan. Lulusan dari suatu lembaga kursus diharapkan mampu bekerja sesuai bidang yang telah ia pelajari.

Seseorang dianggap lulus suatu kursus apabila ia telah mampu menyerap kemampuan yang diikuti selama masa pelatihan. Ini ditandai dengan nilai yang tertera dalam ijasah kursus.

Les privat adalah cara belajar one on one. Artinya, siswa dan pengajar berhadapan secara langsung dalam suatu pertemuan dengan mempelajari pelajaran tertentu.

Les privat bersifat pribadi. Dan ini merupakan kelebihan dari les privat. Siswa yang mengikuti les privat lebih merasa bebas berekspresi, menanyakan masalah, dan leluasa menerapkan ilmu yang ia pelajari karena ia berhadapan langsung dengan pengajar secara face to face.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com