Kiat Menghadapi Listening Test Ujian Nasional SMA

Sebagian murid-murid saya mengaku ngeri menghadapi Ujian Nasional. Bukan hanya soal-soal teks bacaan yang panjang, namun karena ada 15 soal listening yang harus diselesaikan. Bagaimana kiat menghadapinya?

Bagi yang belum pernah tahu seperti apa tes listening Ujian Nasional, gambarannya adalah sebagai berikut:
  • Soal listening terdiri dari 15 butir dengan 5 pilihan jawaban dan soal diperdengarkan dua kali.
  • Soal listening dibagi beberapa bagian. Bagian pertama: percakapan dengan pertanyaan dalam rekaman yang meminta menebak apa yang pembicara bicarakan. Bagian kedua: monolog singkat yang meminta memilih gambar berdasarkan. Bagian ketiga: dialog dan pertanyaan dari narator dimana jawaban juga ada dalam rekaman. Bagian keempat: monolog yang agak panjang disertai pertanyaan-pertanyaan. 
  • Soal listening diperdengarkan dua kali.
Setelah mengetahui jumlah dan bagian-bagian tes listening, apa yang harus kita persiapkan untuk sukses menyelesaikannya?

Berlatih mendengarkan percakapan atau monolog berbahasa Inggris.
    Dengarkan percakapan atau monolog bahasa Inggris dari kaset atau VCD/DVD  atau bisa juga belajar online lewat sekolahoke.com ini dan forum-forum bahasa Inggris lainnya. 

    Namun, mendengarkan saja tidak cukup tanpa strategi mendengarkan. Untuk bisa menerapkan strategi, berlatihlah dengan menerka atau menanyakan apa, siapa, kapan, dimana, mengapa tentang percakapan atau monolog tersebut. Jika tidak sanggup membuat pertanyaan, media online seperti blog ini bisa membantu. Jika kamu merasa mampu, dengarkanlah berita-berita berbahasa Inggris seperti di Metro TV dan CNN.

    Berlatih dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris.
      Mendengarkan lagu sangat menyenangkan dan membuat rileks. Mendengarkan lagu juga sangat bermanfaat melatih kepekaan telinga dalam mendengarkan ucapan bahasa Inggris. 

      Banyak media online yang bisa dijadikan rujukan untuk berlatih pendengaran dengan mendengarkan lagu. Kamu bisa kunjungi situs www.elllo.org dan www.sekolahoke.com untuk mendapatkan materi mendengarkan lewat lagu.

      Membaca nyaring teks sebuah teks bacaan.
        Ambillah sebuah teks bacaan atau sebuah koran berbahasa Inggris. Lalu bacalah nyaring dengan intonasi dan pengucapan standar. Jika merasa tidak bisa, sertakan kamus setiap membaca. Lihat cara mengucapkan di kamus kemudian praktekkan. 

        Kunjungi media online yang menyediakan teks bacaan bahasa Inggris semisal www.dailymail.co.uk dan www.thejakartapost.com.

        Selamat Mencoba!

        Tidak ada komentar:

        Poskan Komentar

        Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com