Pemanasan Pada Pertemuan Pertama

Pada pertemuan pertama, siswa belum mengenal satu sama lain, begitu pula guru yang akan mengajar bahasa Inggris. Tentu tidak nyaman jika materi langsung diberikan pada pertemuan pertama.

Untuk mencairkan suasana, guru perlu membuat sebuah warming up agar suasana keakraban antara guru dan perserta didik bisa terjalin baik.

Yang harus dipersiapkan pertama kali adalah beberapa kartu berukuran 10x20 cm. Tuliskan nama anda, tanggal lahir, hobi atau tempat lahir anda di masing-masing kartu. Setiap kartu hanya boleh berisi 1 informasi misalnya nama anda.

Setelah siap berdirilah di depan kelas dan tunjukkan kartu satu persatu. Setiap kartu ditunjukkan, mintalah siswa menanyakan sebuah pertanyaan dimana jawabannya adalah yang tertera di kartu yang anda tunjukkan. Misalnya jika anda menunjukkan kartu bertuliskan nama anda, anda harus meminta siswa untuk menanyakan nama anda. Berilah hadiah kecil untuk membuat mereka lebih bersemangat.

Setelah semua kartu selesai ditunjukkan, anda bisa melanjutkan dengan meminta mereka menuliskan nama mereka di sebuah kertas. Jika semua siswa telah siap mintalah mereka membuat sebuah pesawat dari kertas lalu bersama-sama melemparnya ke udara sampai anda memberi aba-aba untuk berhenti.

Setelah semua berhenti, mintalah siswa secara bergiliran mengambil salah satu kertas dan membaca nama yang tertera disitu. Setiap nama orang disebutkan, maka si empunya nama harus memperkenalkan diri atau menjawab pertanyaan dari si pembuka kertas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com