Cara Membedakan Descriptive Text dan Report Text

Kadang bingung mengetahui teks yang kita baca ini termasuk Descriptive atau Report karena kedua jenis teks ini hampir mirip alias serupa tapi tak sama. Mari kita telaah beda antara Descriptive Text dan Report Text dari segi isinya. 

Descriptive Text: 

1. Menggambarkan atau menceritakan sesuatu secara khusus. Misalnya: menyebutkan nama orang di awal teks seperti Sherina, My Lovely Cat, Sydney Opera House, Borobudur dan lain sebagainya. Bagian ini disebut Identification.

2. Pada paragraf selanjutnya dijelaskan gambaran tentang sesuatu tersebut. Misalnya ciri-ciri, bentuk, dan kemampuan atau kualitasnya. Bagian ini disebut Description. 

Report Text: 

1. Menggambarkan atau menceritakan sesuatu secara umum. Misalnya: menyebutkan binatang atau tumbuhan. Jika suatu teks diawali dengan kata Cats are mammals maka teks ini adalah teks report. Bagian ini disebut General Classification.

2. Pada paragraf selanjutnya dijelaskan ciri-ciri, bentuk dan kemampuan atau kualitasnya. Bagian ini disebut description.

3. Ada sebagian teks report yang diawali dengan kalimat khusus misalnya perayaan keagamaan atau budaya suatu daerah. Teks ini termasuk Report Text karena teks ini bertujuan menggambarkan suatu kejadian yang dilakukan oleh khalayak umum.

Contoh teks Descriptive klik disini
Contoh teks Report klik disini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com