Selasa, 20 September 2011

Contoh Percakapan Memberi Selamat (Congratulating Someone)

| Selasa, 20 September 2011
Dalam kehidupan sehari-hari, jika ada teman yang mendapat kebahagiaan, sebaiknya kita memberikan ucapan selamat kepadanya. Ucapan selamat contohnya: selamat ulang tahun, selamat tahun baru, selamat hari raya, selamat menempuh hidup baru, selamat telah menang kontes.

Bagaimana mengucapkan selamat dalam bahasa Inggris? Perhatikan percakapan memberi selamat (congratulating someone) dalam percakapan berikut ini.

Putri: Congratulations on your 13th birthday.
Elizabeth: Thank you.
Putri: You look charming in that white gown.
Elizabeth: Thanks a lot.

Dalam percakapan di atas Putri mengucapkan "congratulations on your 13th birthday." Artinya dia memberi selamat kepada Elizabeth atas ulang tahunnya yang ke 13. 

Kita bisa menggunakan ungkapan di atas untuk memberi ucapan selamat ulang tahun kepada teman. Caranya dengan mengatakan "congratulation on your .... birthday." Isi titik-titik dengan ulang tahun yang keberapa. Atau langsung saja ucapkan "congratulation on your birthday." atau bisa juga ucapkan "happy birthday."

Berikut ini contoh lain percakapan berisi memberi selamat kepada teman.

Dedy: Congratulations on winning the basketball competition. You are the best captain we have.
Fredy: Oh not really.

Dalam percakapan di atas, Dedy mengucapkan "congratulations on winning the basketball competition." Dedy memberi ucapan selamat kepada Fredy karena telah memenangkan lomba bola basket.

Dari dua contoh percakapan di atas kita bisa mengucapkan selamat kepada orang lain dengan mengatakan "Congratulations on ...."

Related Posts

2 komentar: