Senin, 25 Juli 2011

Analisis Bagian & Fungsi Narrative Text Roro Jonggrang Story

| Senin, 25 Juli 2011
Untuk mengecek pemahaman terhadap bacaan, pembelajar Bahasa Inggris sering diminta untuk menganalisa teks naratif. Biasanya yang ditanya adalah bagian-bagian teks atau generic structure dan pesan moral yang ada dalam cerita tersebut.

Kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang bagian dan fungsi narrative text. Saya ambilkan model text berupa sebuah cerita sederhana tentang Roro Jonggrang yang saya kutip dari buku Joyful English 3 karangan Sri Purnama Dewi 

[ORIENTATION]
Bandung Bondowoso loved Roro Jonggrang.

[COMPLICATION]
Unfortunately, She refused to marry him unless he could build a thousand temples in one night.

[RESOLUTION]
With the help of thousand of spirits, he was able to erect the temples. Before dawn he almost finished his work. To know it, Roro Jonggrang asked all girls to wake up and pound rice. All the spirits ran away because they were frightened by the sound and thought that the dawn came.
 
[COMPLICATION]
Because of their running away, there was only one more temple which was not completed by Bandung Bondowoso.
 
[RESOLUTION]
He was maddened by her deceit and turn her to be a temple to complete a thousand temple. 


Analisis Bagian Cerita
Dari cerita tersebut di atas kita bisa menemukan 2 complication dan resolution. Dalam cerita-cerita panjang semisal novel dan roman, ada lebih dari satu complication dan resolution.

Kesimpulannya, untuk mengarang Narrative text kita hanya perlu menyusun beberapa paragraf berisi ORIENTATION - COMPLICATION - RESOLUTION. Di awal cerita perkenalkan tokoh, waktu dan tempat. Setelah itu kemukakan masalah yang dihadapi tokoh cerita. Akhirnya tuliskan cara memecahkan masalah tersebut.

Fungsi Sosial Narrative Text
Narrative Text berfungsi untuk menghibur para pembacanya atau dalam bahasa Inggrisnya to entertain or amuse readers.

Bagaimana mengetahui pesan moral dari cerita?
Untuk bisa mengetahui pesan moral dari teks tersebut maka tentu kita harus membaca secara detil dan memahami maksud bacaan. Bacalah berulang-ulang sampai mengerti jalan cerita. Kemudian, simpulkan alasan penulis menulis cerita tersebut.

Ditulis dan diolah oleh Fadli Eha
Ilustrasi gambar diambil dari www.femmy.web.id

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar