Kamis, 24 Maret 2011

Short Functional Text: Announcement

| Kamis, 24 Maret 2011
Announcement (pengumuman) termasuk jenis teks fungsional pendek. Seperti apakah bentuknya? Dalam postingan ini akan diberikan beberapa contoh teks announcement sederhana.

Last Chance to Vote Pictures, Images and Photos
(announcement/doc. photobucket)
Dalam kehidupan sehari-hari banyak dijumpai jenis-jenis pengumuman diantaranya, pengumuman kehilangan, kematian, orang hilang, dan lain sebagainya. Pengumuman ini dibuat untuk menyampaikan informasi tertentu terhadap orang lain baik individu maupun kelompok.

Media yang digunakan untuk menyampaikan pengumuman beragam. Bisa melalui media massa seperti televisi, radio dan koran, pengumuman tertulis di mading sekolah, spanduk di jalan atau bisa juga menggunakan alat komunikasi elektronik modern semisal handphone dan faximile.

Contoh 1:

ANNOUNCEMENT

The Students' Association holds a student gathering for students of grade VII on August 15 at the hall. Please all students come.

For more information, contact Rudy at the Students' Association office.

Students Association 

Sumber: Scaffolding - Joko Priyana

Contoh 2:

MISSING

My name is Kurnia. I've lost my wallet along Jl. Kartini Jember. It contains  Driving License, Identity Card, ATM Card and Some Money. 

Everybody who finds the wallet, please contact 0811354443. There will be a reward for every help.

Kurnia


Dari kedua contoh di atas, dapat disimpulkan bahwa, short functional text berbentuk announcement berfungsi menyampaikan suatu informasi tertentu.


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar