Film Televisi Yang Disukai Anak Kecil

Film televisi apa yang disukai anak kecil di bawah lima tahun (balita)? Jawabannya bisa bervariasi. Tergantung siapa yang ditanya.

Kalau ditanyakan kepada saya, tentu saya akan menjawab sejauh yang saya tahu sesuai pengamatan terhadap anak saya yang saat ini berusia 4 tahun.

Berikut ini daftar film yang ditayangkan di televisi swasta nasional yang paling disukai oleh anak saya:
  1. Shaun, The Sheep. Film yang menceritakan biri-biri sebagai pelaku utamanya. Film ini cukup menarik. Di dalamnya berisi berbagai kreativitas yang dilakukan oleh biri-biri.
  2. Doraemon. Film terlama di jagad pertelevisian Indonesia. Menceritakan seekor kucing dari masa depan yang tinggal bersama keluarga Nobita. Hal yang membuat film ini menarik adalah kantong ajaib yang dimiliki Doraemon. Kantong ini bisa mengeluarkan alat canggih milik Doraemon
  3. Bernard Bear. Menurut saya film ini kurang baik untuk anak kecil. Terlalu banyak adegan kekerasan antara Bernard dengan lawan mainnya. Film ini juga tidak ada kata sama sekali. Sehingga memperlambat kemampuan verbal anak.
  4. Upin dan Ipin. Serial animasi buatan Malaysia ini cukup menyita perhatian anak. Banyak pendidikan moral yang ada di film anak ini. Bahkan film ini mengajarkan kepada anak bagaimana bersikap kepada teman sebaya, guru dan orang tua.
Itulah 4 film yang sangat digemari oleh anak saya. Dikala dia rewel, film ini menjadi obatnya. Film ini juga bisa menjadi media untuk mengajarkannya mengenal dunia.

Namun, yang perlu diingat, film hanyalah hiburan semata. Terlalu sempit kalau hanya mengandalkan film sebagai tempat belajar. Tempat belajar yang sebenarnya adalah keluarga dan lingkungan sekitar dimana anak tumbuh dan berkembang. 
BACA SELENGKAPNYA

Download RPP Bahasa Inggris Berkarakter

Dalam postingan ini, sekolahoke.com berbagi contoh RPP Bahasa Inggris berkarakter lengkap dengan Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi (EEK). Skills yang dipilih Speaking. Materi: Expressing likes and dislikes. Klik tautan dibawah ini untuk melakukan download.


Jika anda membutuhkan RPP lengkap dengan materinya silahkan hubungi admin Sekolah Oke. Harga bisa nego.
BACA SELENGKAPNYA

Cara Menutup Pelajaran Bahasa Inggris

Menutup pelajaran Bahasa Inggris bukan hanya dengan salam. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar pelajaran tetap melekat dalam diri siswa. Apa saja itu?
  • Membuat kesimpulan tentang materi yang diajarkan. Cara menyimpulkan dengan membuat catatan ringan atau tanya jawab singkat.
  • Membuat refleksi pembelajaran. Guru meminta siswa menuliskan di selembar kertas apa saja yang telah dikuasai dan apa saja yang dirasa masih sulit dicerna.
  • Menanyakan kegiatan apa yang disukai dan tidak disukai selama pembelajaran. Hal ini bisa dijadikan evaluasi guru supaya bisa memberikan terbaik bagi pembelajar.
  • Memberikan penugasan sesuai dengan materi terkait. Ini berfungsi untuk memperkuat hasil belajar.
BACA SELENGKAPNYA

Cara Agar Video Bisa Diputar di HP

Apakah anda sedang bingung karena video yang anda simpan di memori HP tidak bisa jalan? Kemungkinan besar format video tersebut tidak didukung oleh HP yang anda miliki. Simak cara mudah agar video bisa diputar di HP berikut ini.

Trik ini untuk HP versi lama

Pertama, yang perlu anda punya adalah video converter. Saya sarankan memakai Total Video Converter. Silahkan browsing di google.com. Download dan simpan di PC.

Kedua, setelah selesai instal, jalankan aplikasi Total Video Converter.

Ketiga, klik dan drag video yang akan dirubah formatnya ke Total Video Converter.

Keempat, pilih kotak yang tertulis 3GP pada deretan kolom mobile bagian atas. Lalu klik 3GP video.

Kelima, setelah itu akan muncul kotak dialog baru. Klik tombol Convert Now. Tunggu sampai selesai.

Keenam, transfer hasil convert ke HP. Lalu putar. Insyaallah berhasil.

Trik untuk HP model baru dan Android

Untuk HP model baru utamanya yang menggunakan OS Android, triknya cukup mudah. Tidak perlu mengubah format video.

Caranya adalah dengan instal aplikasi pemutar video.  Disarankan menggunakan aplikasi MX Player. Aplikasi ini bisa diunduh gratis via play store.

Mengapa menggunakan MX Player? MX Player bisa memutar video dalam format apa saja seperti 3gp, flv, mp4, dan mpegav.

Selain untuk memutar video, MX Player bisa juga sebagai aplikasi untuk memutar file suara seperti MP3, AAC, maupun format audio lainnya.

Selamat mencoba.
BACA SELENGKAPNYA

Fungsi Kata Tanya How Far

Kata tanya How Far berfungsi untuk menanyakan tentang jarak. Perhatikan contoh kalimat menggunakan kata tanya How Far berikut ini:
  • How far is  it from St. Louis to Chicago? artinya berapa jarak dari St. Louis ke Chicago?
  • How far do you live from school? artinya seberapa jauh kamu tinggal dari sekolah?
  • How far do you walk from your house? artinya seberapa jauh kamu berjalan dari rumah?
Jawaban yang dari ketiga pertanyaan di atas bisa menggunakan ukuran jarak seperti kilometer, meter, miles, dan bisa juga menggunakan ukuran lain seperti blocks dan houses.

Kata lain yang artinya hampir sama dengan How Far yang berfungsi menanyakan jarak adalah:
  • How many miles
  • How many kilometers
  • How many blocks
  • How many meters
  • How many steps
Contoh:
  • How many miles is it from your house to school?
  • How many blocks is your apartment from here?
  • How many miles is Australia from Indonesia?
  • How many meters did Gerard jump?
  • How many steps did he walk this morning?
BACA SELENGKAPNYA

Penyebab Blogger Bosan Ngeblog

Bosan ngeblog bisa menghinggapi seorang blogger. Penyebabnya bervariasi. Berikut ini akan disampaikan beberapa alasan blogger bosan ngeblog.

Blog tak menghasilkan duit

Bagi para blogger yang bertujuan monitizing alias ingin mendapatkan uang dari ngeblog, mereka akan merasa bosan manakala blog yang ia kelola tak kunjung menghasilkan uang. Dia sudah mendaftar adsense namun uang yang terkumpul tak seberapa. Akhirnya bosan lalu males ngeblog.

Kesibukan offline

Kesibukan di dunia nyata bisa menyita waktu untuk ngeblog. Misalnya seorang guru yang sehari-harinya ngajar pagi sampai siang, lalu sore dia mendapat job tambahan. Waktu ngeblog mulai tersita. Saat malam tiba sudah kecapekan dan tak sanggup lagi mikir bikin artikel. Akhirnya blog terbengkalai sekian lama. Lama-lama bosan.

Finansial

Mengelola blog selain memerlukan tenaga dan pikiran juga butuh dukungan finansial. Dana cekak bisa bikin semangat ngeblog kendor. 

Finansial yang mapan bisa bikin seorang blogger tetap bertahan walaupun blognya tak menghasilkan duit. Dia melakukannya sebagai hobi atau niat untuk berbagi saja.

Jika dukungan finansial tidak ada, darimana dapat dana untuk sewa hosting atau dana untuk paket internet. Jika finansial cekak, akhirnya blog terbengkalai. Akhirnya bosan dan malas.

Konflik dunia maya

Dunia maya hampir sama dengan dunia nyata. Ada banyak konflik. Misalnya masalah artikel yang mendapat komen pedas. Kalau tidak siap, maka blogger malas bikin lagi. Semakin banyak komentar pedas, semakin dia menjauh dari blog. Kalau sudah jauh dari blog, akhirnya bosan dan berhenti.

Tidak ada ide menulis

Idelah yang membuat sebuah blog tetap hidup. Blog bisa eksis kalau si empunya blog tetap menulis. Jika ide macet, maka blog akan mati. Semakin lama tak ada ide, semakin tak ada hasrat untuk menulis.

Adakah blogger yang kehabisan ide? Banyak. Mungkin karena ia hanya fokus pada satu tema pada blognya, akhirnya kebingungan menemukan ide baru. Akhirnya jenuh, malas melanda.
BACA SELENGKAPNYA

Hal Yang Biasanya Dilakukan Blogger Pemula

Blogger pemula adalah orang yang baru saja berkecimpung dalam dunia blogging. Kita biasanya menyebutnya sebagai newbie.

Ada beberapa hal yang biasanya dilakukan para newbie ini. Apa saja itu?
  1. Gonta ganti template blog. Sering cari template baru lalu ganti lagi. Kadang seminggu bisa 10 kali ganti template.
  2. Sering nulis. Maunya nulis terus. Kadang sehari bisa empat postingan. 
  3. Banyak pasang widget. Blog dipasangi jam. Katanya sih biar orang tidak lupa waktu. Kadang ada juga yang pasang widget akuarium. 
  4. Foto profil gede. Foto si pemilik blog narsis di kiri atau kanan. Biasanya gede banget dengan gaya bebas.
BACA SELENGKAPNYA

10 Contoh Kalimat Present Tense

Dua hari ini, sekolah oke mendapat pengunjung dengan kata kunci "10 contoh kalimat present tense". Kemungkinan ada rekan-rekan pelajar yang mendapat tugas dari guru menulis 10 contoh kalimat present tense. Daripada pusing, akhirnya cari di google yang konon serba bisa memberi jawaban.

Sebelum memberikan contoh kalimat present tense, ada baiknya kita bahas sekilas tentang fungsi kalimat present tense. Harapannya, pembaca paham pengertian kalimat present tense.

Kalimat present tense adalah kalimat yang berfungsi menyatakan kejadian yang dilakukan berulang-ulang, rutinitas, dan kebenaran umum.

10 contoh kalimat present tense
  1. My name is Andre.
  2. The sun rises from the east.
  3. I usually go jogging every Sunday.
  4. My father's name is Abdurahman.
  5. Cats are mammals.
  6. Goats eat grass.
  7. The sky is blue.
  8. Tigers are carnivore.
  9. We eat using our mouth.
  10. Joko always plays badminton every Saturday.
BACA SELENGKAPNYA

Percakapan Telepon Menerima Ajakan Dalam Bahasa Inggris (Accepting Invitation)

Percakapan Telpon antara Rudi dan Tiara. Dua anak remaja ini baru saja berpacaran. Rencananya Rudi ingin mengajak Tiara nonton bioskop.

Tiara: Hello, Rudi. How are you, honey?

Rudi: Hi, honey. Are you free tonight?

Tiara: I'm busy tonight. My mom asks me to help her cooking for the party tomorrow. What's wrong?

Rudi: Ow, that's OK. I'm planning to go to movie theater with you. Unfortunately, you're busy.

Tiara: Ow, that sounds great. What about tomorrow, honey?

Rudi: Yea, that's great idea.

Tiara: Exciting. I miss you.

Rudi: I miss you too, honey. I'm gonna pick you up at 7.

Tiara: I'm waiting, honey.

Rudi: Yea, see ya.

BACA SELENGKAPNYA

Rencana Pembelajaran Listening Mengungkapkan Suka dan Tidak Suka

Rencana Pembelajaran 

Skills: Listening
Materi: Mengungkapkan suka dan tidak suka
Tema: Makanan

Prosedur pembelajaran

Kegiatan awal
  • Warmer: siswa berdiri berjajar dan menuliskan nama makanan di papan tulis sesuai dengan inisial yang disebutkan guru.
  • Siswa menyebutkan nama makanan yang mereka sukai
Kegiatan inti
  • Siswa mengisi spider diagram dengan nama makanan mereka ketahui.
  • Siswa mendengarkan rekaman dan menuliskan nama makanan yang mereka dengar.
  • Siswa mendengarkan percakapan dan menuliskan nama makanan yang mereka dengar.
  • Siswa berlatih bersama-sama mengucapkan suka dan tidak suka.
  • Siswa berdiri berhadapan dan melakukan tanya jawab menggunakan suka ungkapan dan tidak suka dengan memilih 4 makanan yang tertulis di papan tulis.
  • Siswa mendengarkan teks lisan dan memilih nama makanan yang disebutkan dalam percakapan.
  • Siswa mendengarkan teks lisan dan memilih jawaban yang benar.
  • Siswa membuat daftar makanan dan menanyakan kepada 10 teman di kelas.
Kegiatan Akhir
  • Menyimpulkan hasil pembelajaran.
  • Membuat evaluasi diri
  • Memberikan penugasan berupa tugas portofolio. Siswa diminta mengumpulkan 5 gambar makanan yang mereka sukai pada pertemuan berikutnya.
BACA SELENGKAPNYA

Percakapan Bahasa Inggris di Lobi Hotel

Contoh percakapan antara resepsionis hotel dengan orang yang akan menginap. Mereka sedang berbicara di lobi hotel.

Receptionist: Good evening, sir. Can I help you?

Costumer: Good evening. I want to stay for a night. Can I?

Receptionist: Yes, sir. We have a room for you. What rooms do you need? Please, check the list and cost here.

Costumer: I like this room, a room with single bed. The cost is $10.

Receptionist: Okay, sir. We'll prepare it for you in a few minutes. Can I have your ID Card?

Costumer: Sure. Here it is.

Receptionist: Thanks, sir. The bellboy is going to take you to your room.

Costumer: Thanks.
BACA SELENGKAPNYA

Pengertian Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berkarakter memperkenalkan istilah Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi (EEK). EEK ini diletakkan di dalam prosedur pembelajaran pada bagian inti. Mari kita bahas pengertiannya satu persatu.

Pengertian Eksplorasi

Eksplorasi adalah kegiatan pembelajaran yang digunakan untuk membuat rencana untuk membangun pengetahuan dasar siswa. Misalnya dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk Reading skills, siswa diperkenalkan kosakata yang akan dipakai dalam teks. Atau dilakukan review vocabulary untuk mengetahui kemampuan awal siswa sehingga tidak mengalami kesulitan dalam pembelajaran reading.

Pengertian Elaborasi

Elaborasi adalah kegiatan inti pembelajaran. Misalnya dalam pembelajaran Bahasa Inggris reading skills siswa diminta melakukan serangkaian kegiatan misalnya menjawab pertanyaan tentang isi teks, menemukan pokok pikiran atau informasi detil dari bacaan.

Pengertian Konfirmasi

Konfirmasi merupakan tahap akhir dari pembelajaran. Pada bagian ini guru memberikan feedback terhadap para peserta didik. Misalnya dalam pembelajaran Bahasa Inggris Reading Skills, guru memberikan penguatan atau pembetulan error yang dilakukan siswa selama kegiatan belajar mengajar.

Bagaimana susunan kegiatan pembelajaran dengan EEK ini?

Karena disusupi oleh Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi (EEK), maka susunan kegiatan pembelajaran menjadi seperti di bawah ini:

1. Kegiatan Awal

2. Kegiatan Inti

a. Eksplorasi

b. Elaborasi

c. Konfirmasi

3. Kegiatan Penutup

Salam persahabatan, 
Fadli Eha ~ Sekolahoke.com
BACA SELENGKAPNYA

Rekaman Video Adegan Seks

Tulisa and friend - doc. Dailymail.co.uk
Tulisa Contostavlos, penyanyi asal UK sekaligus juri X Factor ini mungkin tak menyangka rekaman adegan seks bersama mantan kekasihnya menjadi santapan publik. Adegan memalukan itu tersebar di internet setelah ia putus dengan MC Ultra.

Tulisa adalah pesohor yang kesekian kalinya terlibat skandal video seks. Sebelumnya ada Kim Kardashian, Paris Hilton, dan Rihanna yang juga menghadapi masalah serupa.

Rata-rata video mesum mereka bocor setelah hubungan asmara dengan kekasih mereka retak. Tentu saja ini menjadi aib yang tak bisa begitu saja dihapus.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda juga punya rekaman kegiatan seks bersama orang yang anda cintai? Kalau ada, anda patut waspada. Bisa jadi, andalah berikutnya yang akan menjadi konsumsi publik.

Anda boleh berkilah sebagai orang yang tidak terkenal. Tidak masalah jika rekaman video seks anda tersebar. Eits, tunggu dulu. Semua orang berkata begitu ketika belum bocor. Begitu tersebar lain lagi ceritanya.

Anda harus berhadapan dengan pihak kepolisian yang akan menginterogasi anda. Anda akan dianggap sebagai produser film mesum. Ini akan menyita energi anda. Bahkan anda akan berhadapan dengan masyarakat yang memandang sinis terhadap keseharian anda.

Kalau sudah terjadi bagaimana? Apa boleh buat, nasi sudah menjadi bubur. Segeralah ambil rekaman itu lalu musnahkan. Jangan sampai perbuatan anda dengan orang yang anda cintai sekarang malah menjadi duri di kemudian hari. Setelah itu, jangan pernah rekaman lagi dah okehhhh!!!
BACA SELENGKAPNYA

Bahasa Inggrisnya Cara Memperbesar

Kemarin ada pengunjung Sekolah Oke yang mencari artikel via google dengan kata kunci "Bahasa Inggrisnya Cara Memperbesar". Ternyata ia kesasar masuk ke artikel Cara Memperbesar Alat Kelamin Laki-Laki yang saya publish beberapa waktu yang lalu.

Saya coba selidiki dengan mengetikkan kata kunci "Bahasa Inggrisnya Cara Memperbesar" di tab google.com. Dan hasilnya jreeeeng. Perhatikan screenshot berikut ini:

Hasil pencarian google.com - Bahasa Inggrisnya cara memperbesar.
Nampak pada mesin telusur Google.com artikel dari sekolah oke ada di urutan keempat halaman pertama. Namun sayangnya itu bukanlah yang dicari. Artikel Cara Memperbesar Alat Kelamin Laki-laki bisa masuk barisan pertama karena adanya kata kunci Cara Memperbesar dan Bahasa Inggris yang merupakan sebagian besar isi artikel di blog Sekolah Oke ini.

Nah supaya pengunjung ini tidak kecewa karena menemukan artikel yang tidak sesuai dengan keinginannya, maka saya terbitkan artikel Bahasa Inggrisnya Cara Memperbesar

Bahasa Inggrisnya cara memperbesar adalah How To Enlarge. How to artinya cara. Sedangkan Enlarge artinya Memperbesar yang berasal dari adjective Large mendapat awalan En hingga merubahnya menjadi kata kerja "Memperbesar."

Okeh, bro. Thanks for joining this blog.
BACA SELENGKAPNYA

Contoh Pengumuman Festival Bahasa Inggris (English Announcement)

Pengumuman tentang pelaksanaan Festival Bulan Bahasa ini ditempel di depan pintu kelas LPK Oxford. Rencananya LPK Oxford Jember akan melaksanakan Festival dan Farewell Party Bulan Bahasa pada tanggal 25 Maret mendatang.

Bagi kamu yang bermaksud mencari contoh pengumuman dalam Bahasa Inggris (English announcement), silahkan copas gambar berikut ini. Caranya klik kanan pada gambar lalu klik SAVE IMAGE AS...

English Announcement - Festival

BACA SELENGKAPNYA

Pekerjaan Yang Enak dan Santai Tapi Menghasilkan Uang

Apa sih pekerjaan yang enak dan santai namun tetap menghasilkan uang? Coba kita telusuri pekerjaan-pekerjaan yang kelihatannya enak dan santai namun menghasilkan duit.

Tukang cukur

Tukang cukur atau pangkas rambut adalah pekerjaan enak dan santai. Tinggal duduk dan menunggu orang untuk diucek-ucek kepalanya. Krak krik krak krik 15 menit. Dapat uang 5000 rupiah. Kalau ada 10 kepala saja, 50 ribu rupiah mulus masuk kantong.

Tapi, butuh keterampilan dan seni untuk bisa eksis jadi tukang cukur. Kalau hasil cukuran kurang memuaskan pelanggan, ya jangan harap mereka kembali lagi. 

Tukang ngemis

Ini pekerjaan paling santai. Tinggal bawa kotak kosong atau kaleng.  Duduk di pinggir jalan atau di persimpangan jalan. Pakai pakaian lusuh. Badan dibikin kotor. Misalnya dengan guling-guling dulu di tanah. lalu dengan wajah memelas menengadahkan tangan. Kalau sukses, sehari bisa dapat puluhan ribu tuh. 

Pekerjaan ini sangat enak dan santai banget. Tak perlu keterampilan khusus. Cuma resikonya, kena razia satpol PP. Dimasukan ke panti sosial.

Pengamen di bus

Pengamen sangat tepat untuk dijadikan pekerjaan yang menghasilkan. Tak perlu suara bagus yang penting bisa genjrang genjreng gitar. Bisa juga hanya dengan tamborin terbuat dari tutup botol minuman bersoda.

Selesai nyanyi jalan dari kursi depan ke belakang. Bilang permisi dulu sambil nyodorin kotak kecil atau bungkus permen besar. Resikonya kecil, cuma saingan banyak di terminal. Kalau tidak akur dengan pengamen yang lain, bisa berantem.

Berminat? Lumayan mengurangi pengangguran di negeri tercinta ini.
BACA SELENGKAPNYA

Contoh Kalimat Menggunakan Have Sebagai Kata Kerja dan Kata Bantu

Have mempunyai dua fungsi yakni sebagai kata kerja murni dan sebagai kata kerja bantu. Sebagai kata kerja murni, Have bertidak sebagai predikat atau tindakan pelaku/subjek. Sedangkan jika bertindak sebagai kata kerja bantu, Have hanya menjadi penghubung untuk menunjukkan bentuk waktu dari sebuah kalimat.

Contoh kalimat menggunakan have sebagai kata kerja murni:
  • I have a big backpack.
  • They have lunch every 1 p.m.
  • Do you have a pen?
  • I'd like to have a meeting after this.
Contoh kalimat menggunakan have sebagai kata kerja bantu:
  • I have come 3 times but I haven't seen him yet.
  • Have you been to Hongkong?
  • Ronald and Shinta have joined the study club.
Pada contoh yang pertama, have berfungsi sebagai kata kerja murni. Have dalam kalimat-kalimat tersebut mempunyai arti tersendiri.

Sedangkan have pada kumpulan contoh kedua mempunyai fungsi menunjukkan Present Perfect. Yakni menyatakan sesuatu yang sudah pernah dilakukan.
BACA SELENGKAPNYA

Gambaran Pegawai Bank Harian

Siang tadi sehabis ngajar, saya nongkrong di sebuah warung kopi untuk melepas lelah. Memesan kopi lalu sibuk dengan persiapan mengajar di Oxford sore hari.

Warung sepi. Hanya sekitar 3 orang. Itupun duduknya berjauhan. Tidak ada yang bercakap-cakap. Semua sibuk dengan pikiran masing-masing.

Lalu datanglah seorang laki-laki. Memakai jaket kulit warna hitam. Di tangannya setumpuk kertas. Langsung bisa ditebak kalau orang ini adalah pegawai Bank Harian.

Nampak orang ini bisik-bisik dengan penjaga warung yang ternyata adalah anak dari yang punya warung. Katanya si punya warung sedang pergi.

Selepas orang itu pergi datanglah ibu-ibu yang ngomel-ngomel ke dalam warung. Ternyata orang ini juga pelanggan Bank Harian tadi.

"Huh, aku mau berhenti dari orang itu. Masak gak boleh libur bayar." sungutnya kepada penjaga warung.

"Iya, nih ku udah bayar. Masih disuruh bilang ke Ibu. Masih disuruh tanda tangan lagi." sambung si penjaga warung.

"Iya tadi kubilang kalau mau ganti ke Bank lain. Banyak Bank sekarang. Gak perlu orang itu tadi."

Duh, nih yang kasihan siapa ya? Pelanggan Bank Harian atau si pegawai Bank Harian itu? Miris banget mendengarnya.

Satu sisi si pelanggan membutuhkan pinjaman lunak untuk meneruskan usahanya. Lain sisi, si pegawai Bank hanya disuruh menagih uang yang sudah dipinjamkan.

Sebenarnya pinjaman pelanggan tidak begitu besar. Menurut info dari teman saya yang pegawai Bank Harian, rata-rata peminjam hanya berkisar di bawah Rp 300.000,-

Proses peminjaman adalah dengan mengurangi beberapa persen di depan dan membayar cicilan setiap harinya. Misalnya: anda ingin meminjam Rp 300.000, kemungkinan anda hanya menerima Rp 250.000. Setiap hari anda harus membayar Rp. 10.000 hingga 30 hari ke depan.

Dengan begitu anda mendapat pinjaman lunak, namun disisi lain anda harus mengembalikan uang lebih besar dari pada yang anda pinjam.

Sebagai orang netral, saya kasihan kepada keduanya. Kepada si pelanggan kasihan dicekik dengan bunga Bank Harian. Bagi si tukang tagih juga kasihan. Dia sering diomeli pelanggan. Bahkan sering ditinggal maen kucing-kucingan karena pelanggan tidak mau bayar tagihan.

Kalau anda ingin menjadi pegawai Bank Harian, pikir dululah masak-masak. Dari luar kelihatannya untungnya banyak. Tapi, tekanan psikologis dan mudhorotnya jauh lebih banyak.
BACA SELENGKAPNYA

Cara Mengajar Present Perfect Menggunakan Since dan For

Cara mengajar grammar Present Perfect menggunakan keterangan Since dan For bisa dilakukan sambil praktek. Tanpa perlu banyak teori, caranya adalah sebagai berikut:

1. Review Present Perfect. Jika siswa masih belum kenal Present Perfect gunakan teknik mengajar grammar Present Perfect. Simak caranya dalam postingan: Cara Mengajar Present Perfect.

2. Mintalah siswa menuliskan kegiatan orang sehari-hari. Pakailah teknik brainstorming dengan mengisi Bubble di papan tulis atau membuat daftar berderet ke bawah. Tuliskan hingga ada 10 kegiatan.

3. Tuliskan percakapan sederhana di papan tulis tanpa menghapus daftar kegiatan yang ada. 
Contoh percakapan:
A: Have you ever .....?
B: Yes, I do/ No, I don't
A: How long have you ....?
B: I have .... since/for ....

4. Beri penjelasan sedikit tentang penggunaan since dan for. Jelaskan kepada siswa bahwa mereka akan praktek bercakap-cakap menggunakan percakapan tersebut. Jika teman yang ditanya menjawab "Yes, I have", maka pertanyaan dilanjutkan ke pertanyaan "How long have you ...?

5. Minta siswa berdiri berhadap-hadapan. Jika ada 6 siswa, 3 siswa membelakangi papan tulis, 3 siswa lainnya berdiri di hadapan mereka, menghadap papan tulis.

6. Mulailah percakapan dengan siswa A bertanya kepada siswa B.

7. Jika sepuluh pertanyaan sudah diajukan, mereka bertukar posisi. A menjadi B, dan sebaliknya B menjadi A.

Guru bertugas memonitor aktifitas. Memeriksa adanya error dalam bahasa yang dipakai siswa. Jika siswa berjumlah ganjil, guru masuk menjadi bagian permainan.

Di akhir interview, Minta siswa menyebutkan hasil wawancara. Kemudian lakukan pembetulan kesalahan dan eror bahasa yang dipakai siswa.
BACA SELENGKAPNYA

Video Pembelajaran Bahasa Inggris

Video Pembelajaran Bahasa Inggris.


Dalam video ini nampak siswa sedang menggambar seseorang. Orang tersebut adalah salah satu keluarga teman satu kelas.

Proses pembelajaran diawali dengan menuliskan ciri-ciri fisik salah satu anggota keluarga mereka dalam Bahasa Inggris. Setelah itu, siswa saling tukar pekerjaan dan menggambar di papan tulis. Akhirnya siswa diminta memberikan penilaian terhadap hasil karya teman mereka. Penilaian diberikan atas seberapa mirip gambar itu terhadap ciri-ciri fisik keluarganya.
BACA SELENGKAPNYA

Cara Memasukkan Video Ke YouTube

YouTube adalah media sharing video. Di dalamnya kita bisa nonton, mengunduh, dan memasukkan video yang kita punya. 

YouTube bahkan menjadi media yang bikin orang terkenal. Iya ta? Iya. Justin Bieber tuh kan terkenal lewat YouTube hingga akhirnya diminta rekaman.

Kamu juga ingin memasukkan video kamu ke YouTube supaya bisa terkenal? Caranya mudah. Simak langkah-langkah memasukkan video ke YouTube berikut ini.
  1. Bikin video dulu. Durasi maksimal 15 menit. Kalau lebih bagaimana? Dipotong dulu dong. YouTube hanya memberi batasan maksimal 15 menit untuk tiap video.
  2. Bikin account email google. Caranya bagaimana? Klik di tautan ini: Cara Membuat Email Gmail.
  3. Selesai buat email. Masuk ke YouTube.com. Masukkan email dan password.
  4. Di dalam sudah ada kotak upload. Klik saja.
  5. Klik kotak Pilih Video dari Komputer.
  6. Klik Video di Hard Disk kamu.
  7. Klik Open
  8. Tunggu beberapa saat hingga video kamu berproses.
  9. Selanjutnya beri judul yang mewakili video kamu.
  10. Selesai dah.
BACA SELENGKAPNYA

Cara Membuka Pelajaran Bahasa Inggris

Artikel ini khusus bagi guru baru. Guru yang baru mengajar di sekolah atau tempat kursus. Guru yang baru praktek mengajar PPL.

Cara umum yang dilakukan oleh para guru adalah sebagai berikut:
  • Salam: Good Morning, Good Afternoon, Good Evening. Asal jangan Good Night ya. Nanti disangka ngusir.
  • Memberi motivasi. Motivasi bagaimana? Biasanya dengan ceramah satu dua menit. Hahaha... kuno tuh. Kadang siswa sebal dengan model beginian. Mending pakai game yang membangkitkan motivasi dan minat belajar. Cari saja Game Pembelajaran Bahasa Inggris yang menyenangkan di sekolahoke.com ini.
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran. Tulis di papan tulis pokok materi. Misalnya: Introducing Others. Ucapkan kepada siswa: Today we are going to learn how to introduce someone to someone.
  • Brainstorming. Brainstorming adalah teknik membuka pelajaran agar siswa mengenal topik yang akan dipelajari.
BACA SELENGKAPNYA

Cara Melatih Siswa Menghafal Irregular Verbs

Irregular verbs adalah kata kerja yang mempunyai banyak perubahan. Perubahan ini lumayan susah jika tidak dilakukan pembiasaan mengingat.

Ada cara mudah untuk melatih siswa agar mudah mengingat Irregular Verbs. Caranya adalah dengan menggunakan teknik Jumble Words atau acak kata.

Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Sediakan 10 irregular verbs yang di acak per kata. Misalnya: HAVE menjadi AVEH, SWIM menjadi WSIM.
  2. Bagi siswa menjadi beberapa kelompok.
  3. Mintalah siswa menyusun ulang menjadi kata yang benar.
  4. Beri waktu selama 3 menit atau putar sebuah lagu. Siswa harus bisa menyelesaikan selama lagu diputar. Jika lagu berhenti mereka harus berhenti menulis.
  5. Koreksi jawaban bersama-sama.
  6. Mintalah siswa menuliskan 10 Irregular verbs yang mereka acak sendiri.
  7. Tukar pekerjaan siswa.
  8. Mintalah siswa menuliskan kata yang benar selama waktu ditentukan.
  9. Koreksi jawaban bersama.
BACA SELENGKAPNYA

Cara Menguji Speaking Skills

Menguji adalah termasuk bagian dari proses belajar mengajar. Tahap ini merupakan bagian evaluasi belajar. Out Put pembelajaran bisa terlihat dari hasil ujian.

Ujian speaking skills berbeda dengan ujian skills yang lain. Ujian ini berbentuk ujian lisan. Karena bentuknya lisan, maka cara menguji dan penilaiannya pun berbeda.

Bagaimana cara menguji speaking skills?

Menggunakan teknik monolog

Siswa diminta menyampaikan sesuatu sesuai topik yang ditentukan dalam beberapa menit. Misalnya topik perkenalan, siswa diminta memperkenalkan diri selama 2 menit.

Menggunakan teknik interview

Siswa duduk berdua kemudian melakukan tanya jawab. Untuk mempermudah menemukan, siswa diberi sebuah gambar dan diminta untuk bertanya jawab tentang isi gambar dengan waktu yang ditentukan.

Menggunakan teknik free conversation

Dua orang siswa atau lebih diberi sebuah topik. Masing-masing diberi peran kemudian diminta melakukan percakapan dalam waktu yang ditentukan.

Cara menilai ujian speaking menggunakan model kriteria. Seperti apa penilaian model kriteria itu? Siswa dinilai dengan kriteria A, B, C, D berdasarkan pedoman penilaian.

Berikut ini contoh pedoman penilaian:

Kategori 

A = 90 - 100

B = 80 -89

C = 70 - 79

D = 60 - 69

Pedoman skor
 
4 = sempurna

3 = bagus

2 = kurang

1 = jelek

Bagaimana menentukan skor ujian speaking? Caranya dengan menggunakan tabel penilaian. Perhatikan tabel penilaian berikut ini:

Name
Accuracy
Vocabulary
Grammar
Fluency
Dina
3
3
2
4
 Joko
2
2
3
4

Gambaran dari hasil uji speaking di atas adalah sebagai berikut:

Skor masksimal adalah 16 dan skor minimal adalah 4. Rentang nilai adalah 1 - 100.

Dalam kasus di atas Dina mendapat total skor 12. Artinya dia mendapat nilai 12 : 16 x 100 = 75. Kesimpulannya, Dina mendapat kategori nilai C.

Bagaimana dengan Joko? Silahkan mencoba latihan menghitungnya!
BACA SELENGKAPNYA

Cara Meletakkan To Be Is, Am, Are,

Kalimat Nominal Bahasa Inggris memerlukan kata bantu. Kata bantu ini disebut sebagai to be. To be untuk kalimat present tense ada 3, yaitu: is, am, dan are.

Bagaimana cara menggunakan/meletakkan to be ini dalam kalimat?

To be untuk kalimat positive Bahasa Inggris terletak setelah subjek. Supaya lebih jelas, perhatikan beberapa contoh kalimat berikut ini:
  • I am an English Teacher.
  • I am happy.
  • She is lonely.
  • He is at home.
  • They are very different.
Kalau diperhatikan dari contoh kalimat di atas, To Be diletakkan dalam kalimat yang tidak mengandung kata kerja. Maka perumusannya adalah:
  • Subject + To Be + Noun (kata benda)
  • Subject + To Be + Adjective (kata sifat)
  • Subject + To Be + Adverb (kata keterangan) 
BACA SELENGKAPNYA

Cara Membuat Karangan Teks Descriptive Tentang Rumah

Membuat karangan descriptive cukup mudah. Apalagi karangan tersebut dekat dengan keseharian kita. Hanya dibutuhkan 20 hingga 30 menit saja.

Bagaimana cara membuat karangan teks descriptive tentang rumah? Perhatikan langkah-langkahnya berikut ini. Setelah itu cobalah membuat sesuai dengan keadaan rumah kamu.

Langkah pertama

Deskripsikan rumah kamu secara umum seperti letak, luas, bentuk dan lingkungan sekitarnya. Terangkan dalam 4 sampai 5 kalimat sederhana.

Contoh:
My house is located at Jl. Brigjen Syafiudin No. 39 Jember. It is big enough. There are a lot of trees around my house. It makes me fresh all day. There is a small pond in front of my house. I keep some fish inside.

Langkah kedua

Deskripsikan isi rumah. Mulailah dengan menyebutkan ruangan-ruangan dalam rumah. Sertakan juga perabotan yang ada dalam masing-masing ruangan.

Contoh:
There are 7 rooms in my house. The rooms are 1 livingroom, 4 bedrooms, 1 diningroom, 1 kitchen, and 1 bathroom. There is a television in the livingroom. We usually watch TV together in the afternoon. 

Langkah ketiga

Tutuplah karangan teks descriptive yang kamu buat dengan menyebutkan bagian-bagian yang kamu sukai atau tidak sukai dari rumah kamu.

Contoh:
My favourite room is my bedroom. The wall is green. It is so warm. I like my room. I often spend a lot of time to read a book, play guitar, and game in my room.

Demikianlah cara membuat karangan teks descriptive tentang rumah dan isinya. Cukup mudah dan tidak memerlukan waktu banyak.
BACA SELENGKAPNYA

Cara Mengajar Preposition of Place

Cara mengajar preposition of place adalah sebagai berikut:
  1. Minta siswa duduk melingkar. Jika jumlah siswa cukup banyak bagilah menjadi beberapa kelompok.
  2. Mintalah siswa mempersiapkan 1 lembar kertas kosong.
  3. Mulailah dengan mengucapkan kalimat perintah: "Please, draw a table!"
  4. Tunggulah hingga siswa selesai menggambar.
  5. Lanjutkan dengan perintah baru: "Please draw a book on the table!"
  6. Sekarang mintalah siswa bergantian melakukan perintah menggambar di atas kertas.
  7. Lanjutkan hingga semua siswa mendapat giliran berbicara.
  8. Setelah selesai, tukarlah gambar siswa.
  9. Mintalah mereka melakukan tanya jawab menggunakan kata tanya: "Where is the ....?"
BACA SELENGKAPNYA

Selamat Ulang Tahun Sekolah Oke Kedua

Tepat tanggal 17 Maret dua tahun lalu, blog ini dibangun. Dengan konsep awal sebagai blog campur sari, akhirnya berubah menjadi blog pendidikan yang dikhususkan untuk guru dan siswa.

Sekolahoke.com telah berjalan selama 2 tahun. Usia muda dengan gairah menyala. Harapan-harapan tumbuh agar blog ini tetap eksis di dunia maya.

Sekolahoke.com lahir dari pemikiran sederhana bahwa hidup adalah untuk berbagi. Tak ada yang lebih indah daripada berbagi dengan orang lain. Tentu saja berbagi hal positif.

Sekolahoke.com hingga saat ini duduk di peringkat 1.557.343 dari berbagai macam website dunia versi Alexa.com (17/3/2012). Sementara, di Indonesia, Sekolahoke.com duduk dengan nyaman di posisi 14.965. Semua itu adalah berkat anda pengunjung setia kami.

Tidak kurang 7.000 orang setia membaca dan menikmati sajian Sekolahoke.com setiap harinya. Ini menambah semangat kami untuk selalu berkarya.

Selamat Ulang Tahun Sekolah Oke.
BACA SELENGKAPNYA

Cara Menyenangkan Mengajar Grammar Interrogative Sentence Dengan Short Answer

Belajar Grammar terasa menjenuhkan bagi sebagian orang. Mereka menganggap mereka belajar grammar seperti mesin saja. Utak atik kata yang membosankan.

Guru harus pintar-pintar membuat strategi agar pelajaran grammar tidak membosankan. Berikut ini cara alternatif mengajar grammar interrogative sentence.
  1. Bagi siswa menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok 3 atau 4 orang.
  2. Tulisan di papan tulis: Yes, I do.
  3. Mintalah seluruh siswa membuat 5 pertanyaan menggunakan Interrogative Simple Present Tense. Contoh: Do you like English?, Do you play badminton?, Do you eat bananas?, Do you drink some coffee?, Do you have mobile phone?
  4. Minta masing-masing kelompok untuk melontarkan pertanyaan mereka.
  5. Beri tanda bintang untuk kelompok yang mendapat jawaban Yes, I do.
  6. Setelah selesai, minta satu siswa masing-masing kelompok memegang satu kartu bertulis: Yes, I do. Anggota kelompok yang lain membuat 5 pertanyaan. Siswa yang memegang kartu hanya memberi penilaian bagi siswa yang mendapat banyak tanda bintang.
  7. Tindak lanjut, beri masing-masing siswa satu kartu bertuliskan Yes, I do atau No, I don't. 
  8. Mintalah siswa melakukan tanya jawab dengan rekan di sebelahnya.
  9. Simpulkan hasil pembelajaran.
BACA SELENGKAPNYA

Contoh Undangan Bahasa Inggris (Invitation in English)

Invitation (undangan) adalah teks yang berfungsi mengajak atau mengundang orang datang atau melakukan sesuatu. Contohnya: undangan pernikahan (wedding), ulang tahun (birthday), rapat (meeting), dan makan malam (dinner).

Berikut ini contoh undangan Bahasa Inggris tentang ulang tahun.

You and your partner are invited to attend Eleanor Mckay's 15th Birthday
In the Cocino Green House
24th January 2008 at 7 pm
BACA SELENGKAPNYA

Cara Mudah Download Game Flash Tanpa Instal Aplikasi

Ada berbagai macam  cara untuk mendownload file game flash dari sebuah situs. Cara yang paling umum adalah menginstal aplikasi downloader seperti IDM. Kita bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga di browser Mozilla semisal Game Downloader.

Ada alternatif lain untuk melakukan download tanpa instalasi software atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Caranya dengan meminta bantuan situs downloader www.file2HD.com. 

Bagaimana cara untuk download game flash dengan bantuan www.file2hd.com? Simak langkah-langkah detilnya berikut ini:
  1. Masuk ke situs game yang kamu suka misalnya santabanta.com. Klik tab game dan pilih game yang diinginkan.
  2. Buka tab baru dan ketikkan alamat: www.file2hd.com
  3. Copy URL di situs santabanta.com yang berisi game.
  4. Paste di halaman www.file2hd.com tepat dikotak URL di bagian tengah halaman.
  5. Klik kotak persetujuan terlebih dahulu yang terletak di bawah kotak.
  6. Tekan GET FILES.
  7. Akan muncul banyak link. Cari file yang bagian akhirnya tertuliw .swf.
  8. Klik kanan file yang berekstensi .swf tersebut. Lalu pilih save link as.
  9. Simpan di tempat yang diinginkan.
  10. Tunggu beberapa saat hingga file selesai di-download.
  11. Masuk ke folder penyimpanan. Klik 2 kali file yang sudah di-download untuk memainkan.
BACA SELENGKAPNYA
Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com