Jumat, 02 November 2012

Langkah Mengajar Writing Announcement

| Jumat, 02 November 2012
Materi announcement (pengumuman) merupakan materi dasar di kelas 7 SMP/MTs. Materi ini harus dikuasai siswa dalam 4 skills Bahasa Inggris.

Kali ini sekolahoke.com akan memberikan alternatif langkah mengajar materi Announcement khusus skills writing. Bapak dan ibu guru bisa mengembangkan sesuai situasi dan kondisi siswa di sekolah.

Lesson Plan

Skills: Writing

Materi: Announcement

Tujuan pembelajaran: Setelah proses belajar mengajar siswa dapat mengungkapkan gagasan dalam bentuk announcement dalam konteks sekolah.

Kegiatan awal
  1. Brainstorming: menyebutkan berbagai bentuk announcement dalam kehidupan siswa sehari-hari. Siswa juga diminta menyebutkan dimana mereka biasanya menemukan pengumuman tersebut.
  2. Lead in: siswa menyebutkan announcement apa saja yang biasanya ditemukan di sekolah. Contoh announcement bisa dibaca disini: Kumpulan Pengumuman Bahasa Inggris Sekolahoke.com.
Kegiatan inti
  1. Memperhatikan contoh announcement dan menggaris bawahi bagian inti pengumuman. Misalnya: pembukaan, hari, tanggal, kegiatan, pemberi pengumuman.
  2. Membuat draft pengumuman berdasarkan contoh.
  3. Menulis pengumuman dalam Bahasa Inggis.
Kegiatan akhir
  1. Membacakan sebuah pengumuman. Bisa secara bergantian. Siswa yang lain mendengarkan dan menuliskan inti dari pengumuman.
  2. Membuat kesimpulan.
  3. Membuat refleksi pembelajaran.
Lesson plan ini bisa disesuaikan dengan waktu dan level peserta didik. Jika Bapak dan Ibu guru merasa peserta didik mempunyai kemampuan tinggi atau rendah, maka lesson plan tersebut bisa di adaptasi.

Related Posts

4 komentar:

  1. sungguh mulianya anda telah berbagi ilmu terimakasih

    BalasHapus
  2. Kita diciptakan untuk berbagi. Bahagianya orang ketika apa yang ia berikan bermanfaat bagi orang lain.
    Terima kasih telah bergabung dengan sekolahoke.com

    BalasHapus
  3. Thanks materinya sungguh mengispirasi semoga harapan dan cita-citanya diwujudkan oleh yang kuasa karena sudah mau berbagi informasinya!

    BalasHapus
  4. Trims sudah berkomentar di sekolahoke.com
    Komentar anda memberikan energi untuk terus berkarya

    BalasHapus