Selasa, 11 Oktober 2011

Cara Mengajar Menulis Teks Procedure

Bagaimanakah cara menulis teks procedure yang gampang dan menyenangkan untuk siswa? Ini adalah pertanyaan beberapa guru dalam sebuah workshop metode mengajar bahasa Inggris. Kali ini sekolahoke.com ingin berbagi cara mengajar menulis khususnya teks procedure. Cara ini bisa dimodifikasi sesuai dengan level pembelajar.

Langkah mengajar:

1. Lakukan pemanasan sebelum memulai pelajaran. Contoh pemanasan: Mintalah siswa menebak gambar yang disembunyikan guru. Berikan deskripsi sederhana seperti: It's kind of drink. It's sweet. It's kind of juice. Kegiatan ini berguna untuk mempersiapkan mental siswa menghadapi pelajaran.

2. Berikan leading questions. Contoh leading questions: Have you ever drunk some tea? How does it taste? Do you know how to make it? Kegiatan ini berfungsi mengajak siswa mengenal topik yang akan dibahas.

3. Ajarkan kosakata yang akan dipakai dalam pelajaran. Mainkan tebak gambar alat-alat masak atau bahan-bahan makanan dan minuman.

4. Berikan model teks. Teks procedure tentang sebuah makanan atau minuman. Kosongkan beberapa kata dan mintalah siswa mengisi titik-titik dalam teks.

5. Mintalah siswa menggarisbawahi imperative verb. Ini berguna mengajarkan siswa bahwa kalimat perintah akan digunakan dalam teks procedure.

6. Mintalah siswa memilih 1 jenis makanan atau minuman lalu mintalah mereka menyusun teks procedure seperti contoh teks yang telah diberikan.

7. Mintalah siswa menukar pekerjaan mereka lalu melakukan koreksi isi teks atau grammar.


Salam guru,

Fadli Eha ~ Sekolahoke.com

Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar