Senin, 01 Agustus 2011

Cara Mengajar Speaking Self Introduction [Berkenalan]

| Senin, 01 Agustus 2011
Mengajar siswa yang masih pemula dalam bahasa Inggris memang gampang-gampang susah. Gampang karena mereka masih level beginner berarti belum banyak beban, tapi agak susah karena harus menumbuhkan rasa percaya diri mereka untuk berbahasa Inggris.

Materi awal untuk pelajaran bahasa Inggris adalah menyapa orang yang sudah atau belum dikenal. Banyak guru yang kebingungan bagaimana cara membuat siswa supaya bisa berkenalan satu sama lain dalam menggunakan bahasa Inggris. Ada yang melakukan jalan pintas dengan menyuruh menghafalkan dialog lalu mempraktekkannya di kelas. Ada yang langsung menyuruh satu persatu memperkenalkan diri di depan kelas. Cara itu bagus dan mudah diterapkan.

Disini saya hanya ingin memberikan sedikit variasi dalam kegiatan speaking khususnya materi berkenalan ini. Berikut ini contohnya:

Strategi Mingling Activity
Mintalah siswa membuat tabel yang berisi nama, alamat, dan tanggal lahir. Lalu mintalah mereka menanyakan 10 siswa tentang identitas mereka dan memasukkan data tersebut ke dalam tabel. Terlebih dahulu ajarkan mereka bertanya tentang identitas dalam bahasa Inggris.
No      Name          Address         Date of Birth    









Strategi Bermain Peran
Pilihlah 10 siswa yang percaya diri. 10 siswa ini akan menjadi orang dengan profesi berbeda-beda. Nantinya mereka akan memperkenalkan diri di depan kelas. Siswa yang lain membuat tabel berisi Nama, Umur, Pekerjaan dan Alamat. Mereka diminta untuk mendengarkan perkenalan diri 10 orang yang terpilih dan memasukkan data ke dalam tabel.

     Name        Age           Job          Address    








Bagaimana saran dari saya. Semoga bisa mengatasi kebuntuan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Jika ada usulan lain, boleh dibagi disini.

Salam Fadli Eha

Related Posts

2 komentar:

  1. kalau bisa buat facebook juga.. untuk mudah di share ke temana-teman? and updatenya juga mudah diketahui.. thanks......

    BalasHapus
  2. sementara ini pake twitter bro @sekolahoke

    BalasHapus