Prosedur lengkap Perpanjangan dan Mutasi SIM

driving license! finally:) Pictures, Images and PhotosProses memperpanjang SIM sebenarnya tak terlalu rumit kalau kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Apa saja yang perlu kita persiapkan sebelum berangkat ke Satlantas?
1. Fotokopi KTP 2 lembar.
2. Surat keterangan kesehatan.
3. SIM asli
4. Foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.
5. Surat mutasi SIM jika KTP anda baru karena menetap di kota lain.

Jika berkas-berkas tersebut sudah siap, segera berangkat ke Satlantas setempat. Jangan buang waktu. Kalau perlu seminggu sebelum masa kadaluwarsa SIM habis.

Berikut ini tahap demi tahap melakukan proses perpanjangan:
1. Daftar ke loket pendaftaran. Serahkan berkas-berkas yang anda bawa. Semuanya akan di cek oleh petugas.

2. Menuju ruang sidik jari. Anda akan dimintai menempel sidik jari di angket yang disediakan oleh petugas. Setelah selesai sidik jari, petugas akan memberi anda tanda terima.

3. Kembali ke loket pendaftaran. Petugas akan mengecek kembali kelengkapan. Jika lengkap anda akan diminta menunggu giliran dipanggil.

4. Menuju Loket Pembayaran. Anda dipanggil untuk membayar biaya administrasi. Untuk saat ini (2011) biaya untuk perpanjangan sim C adalah sebesar Rp. 75.000,- (bisa berubah sesuai kondisi). Setelah itu anda akan diminta menunggu kembali.

5. Anda dipanggil menuju ke loket pengambilan formulir. Petugas akan meminta anda mengisi formulir. Setelah selesai diisi kembalikan formulir. Ambil kartu antrian foto.

6. Masuk ke ruang foto. Di dalam ruang foto petugas akan meminta sidik jari anda yang akan muncul di SIM nantinya. Periksalah keterangan yang tertera di layar tentang identitas anda sebelum di foto.

7. SIM anda sudah jadi. Tunggu panggilan untuk mendapatkan SIM anda.

ilustrasi: photobucket.com


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com