3 Cara Efektif Mengajar Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak

child Pictures, Images and PhotosSetiap orang tua ingin yang terbaik buat anaknya. Begitu pula dalam belajar bahasa, orang tua pasti ingin anaknya menguasai bahasa dengan baik termasuk bahasa asing.

Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang sangat populer. Menguasai bahasa Inggris seperti menu wajib bagi anak Indonesia. Maka dari itu banyak orang tua berupaya agar anaknya bisa menguasai bahasa Inggris sejak dini. Harapannya, jika mereka sudah dewasa kelak, anak mereka tidak 'kagok' dengan bahasa Inggris.

Bagaimana cara efektif mengajarkan anak bahasa Inggris? Coba terapkan cara-cara berikut ini.

1. Mulailah mempraktekkan mengucapkan ekspresi yang digunakan sehari.
Ekspresi-ekspresi yang sederhana misalnya: thank you, good night, breakfast, dan good bye. Ekspresi ini mudah diingat karena anak langsung praktek. Contoh sederhana, berilah kue, lalu katakan padanya, "bilang thank you dong!" Anak itu pasti menirukannya.

2. Mengajarkan kosakata yang berhubungan dengan lingkungan sekitar. 
Kosakata berbentuk konkrit misalnya: bagian-bagian tubuh, benda-benda dalam rumah, dan macam-macam mainan. Tunjuk benda-benda tersebut. Biarkan anak mendengar dan merekam kata-kata yang kita ucapkan. Jangan mengharap ia akan langsung mengucapkan, tunggulah sampai ia percaya diri untuk membuat ujaran. Satu atau dua hari, anak tersebut akan memproduksi kata yang ia dengar.

3. Gunakan kartu atau realia untuk mengajarkan benda yang tak mudah ditemukan. 
Tunjukkan gambar atau benda-benda mirip bentuk aslinya kepada anak. Biarkan anak mendengar terlebih dahulu. Tak lama setelah itu, anak akan mulai mengucapkan sesuai yang ia dengar.

Saya mengadakan penelitian kecil terhadap anak saya selama beberapa tahun ini. Saya ajarkan hal-hal di atas kepadanya. Ajaib, dia yang masih berusia 3 tahun sudah bisa mengeja huruf dalam bahasa Inggris, berhitung dari 1 - 100, mengucapkan bagian-bagian tubuh, benda-benda sekitar dan beberapa ekspresi yang digunakan sehari-hari.

Kini giliran anda mempraktekannya. Selamat mencoba.

Penulis: Fadli Eha
Ilustrasi: photobucket.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright (c) 2010-2016. sekolahoke.com