Senin, 21 Maret 2011

Cara Mudah Membuat Teks Discussion Sederhana

Membuat teks Discussion yang sederhana bisa dilakukan dengan mencari referensi tentang suatu masalah dengan sudut pandang yang berbeda. Tidak perlu banyak. Dua sudut pandang berbeda saja sudah cukup menjadi modal untuk menyusun teks Discussion.

Postingan saya kali ini akan membahas bagaimana caranya membuat teks Discussion. Mengenai penjelasan dan contoh Discussion text bisa kamu baca di postingan sebelumnya.

Langkah demi langkah membuat Discussion Text.
  • Tentukan Issue.
Cari sebuah masalah atau hal yang menarik untuk diperbincangkan. Biasanya masalah yang menarik adalah masalah yang menjadi pro dan kontra dalam masyarakat. Lengkapi masalah yang diangkat dengan latar belakang kejadian supaya karangan kamu menjadi lebih manis.

  • Tuliskan pendapat yang pro dan kontra
Kalau kamu ingin serius membuat teks discussion, maka surveylah melalui media massa atau orang sekitar kamu. Tuliskan secara detil pendapat orang. 

Ingat bahwa teks discussion mencari informasi secara berimbang. Dengan kata lain teks kamu harus berisi pendapat yang setuju dan tidak setuju dengan masalah yang kamu angkat.

  • Buat kesimpulan atau saran
Dibagian akhir uraian kamu, tuliskan kesimpulan kamu berdasarkan pendapat-pendapat yang kamu kumpulkan. Kamu bisa juga memasukkan opini kamu pada bagian ini.


Baca artikel lainnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar